10 Mahasiswa dan 3 Dosen USU Magang serta Penelitian di Pakistan

10 Mahasiswa dan 3 Dosen USU Magang serta Penelitian di Pakistan
Mahasiswa yang akan magang di Pakistan beraudiensi dengan Rektor USU Dr Muryanto Amin. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si menerima audiensi dari 10 mahasiswa yang akan magang di Pakistan dan 3 dosen yang akan melakukan penelitian di Pakistan. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Audiensi Rektor Gedung Biro Pusat Administrasi USU, pada Kamis (27/10/2022).

Audiensi ini bertujuan memberikan laporan kepada rektor atas keberangkatan mahasiwa dan dosen ke Pakistan akhir minggu ini. Adanya magang dan juga penelitian tersebut merupakan Kegiatan yang diselenggarakan oleh International Center for Chemical and Biological Sciences (ICCBS) yang berlangsung selama 6-12 bulan.

International Center for Chemical and Biological Sciences (ICCBS) ini adalah pusat antaruniversitas yang membawa penelitian-penelitian menaungi International student dari berbagai negara.

Direktur Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global Prof Dr. Eng. Himsar Ambarita, S.T., M.T. mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja prioritas dari rektor dan tentunya sejalan dengan indikator pemeringkatan internasional.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat lebih digencarkan agar mahasiswa termotivasi untuk memiliki pengalaman melakukan riset di luar negeri.

"Jadi USU sekarang sedang giat-giatnya melakukan kerjasama seperti ini dan kalau bisa lebih banyak lagi mahasiswa yang kita berangkatkan keluar, sehingga mereka punya pengalaman," ujarnya.


Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr.Nursahara Pasaribu. MSc mengatakan persiapan dalam melaksanakan kegiatan ini sudah dilakukan sejak Februari 2022 hingga Agustus 2022 lalu dan tepat hari ini adalah laporan keberangkatannya.

"Dengan melibatkan mahasiswa biologi, kimia dan juga farmasi sekaligus dosen pendamping yang diharapkan tentunya bisa melakukan publikasi bersama dari hasil penelitian. Persiapan dalam kegiatan ini sebenarnya sudah cukup lama, dan Alhamdulillah visa mereka sudah keluar di bulan Agustus, namun masih ada satu mahasiswa dan dosen yang visanya belum keluar," katanya.

Senada dengan hal tersebut Dekan Fakultas Farmasi Khairunnisa, S.Si., M.Pharm., Ph.D., Apt berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kolaborasi antaruniversitas, terutama universitas yang ada diluar negeri. Ia juga berharap kegiatan ini nantinya dapat mengeluarkan capaian kolaborasi, penelitian, serta publikasi yang berkelanjutan dari tahun ke tahun.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi