Dosen UMN Alwashliyah Latih Masyarakat Tanjung Rejo Buat Balsam Stik dari Tanaman

Dosen UMN Alwashliyah Latih Masyarakat Tanjung Rejo Buat Balsam Stik dari Tanaman
Dosen UMN Alwashliyah Latih Masyarakat Tanjung Rejo Buat Balsam Stik dari Tanaman (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Tanjung Rejo, Dosen dari Farmasi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah yang diketuai oleh Dr. apt. Gabena Indrayani Dalimunthe, M.Si dengan anggota timnya Julianto Hutasuhut, SE., MM, juga berkolaborasi antardosen multi disiplin ilmu, serta melibatkan beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu tugas dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “Optimalisasi Potensi Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan Menuju Desa Wisata Yang Tampan (Tangguh, Mandiri dan Terdepan)”.

Pada kegiatan ini ketua pengabdi melaksanakan peyampaian materi dan dibantu mahasiswa dalam pelaksanaan pelatihan pembuatan balsam stik dari berbagai tanaman seperti pala, jahe, kencur, sereh, dan lain-lain. Pembuatan balsam stik dari berbagai tanaman ini dapat dengan mudah dipelajari karena menggunakan teknik yang sederhana dan bahan-bahan aktifnya dapat dengan mudah di temukan di lingkungan sekitar.

Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias dan semangat, karena sangat berguna selain dapat menghemat dana pengeluaran keluarga nantinya juga dapat menambah income keluarga dengan berwirausaha. Pada akhir acara kegiatan ini, para dosen memberikan langsung produk yang di buat kepada peserta dan mereka sangat senang karena dapat membawa hasil yang dibuat sendiri ke rumah masing-masing, dan tak lupa para dosen memberi motivasi serta dorongan semangat.

“Dengan harapan semoga jiwa berwira usaha para peserta kelak tumbuh subur sehingga kelak dapat menuai sukses, dan harapan kami Desa Tanjung Rejo menjadi pemicu lahirnya produk ini yang belum banyak dipasaran,” kata Gabena Indrayani, Jumat (2/12).

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi