Polrestabes Gandeng Walubi Perbaiki 245 Meter Jalan ke Berastagi

Polrestabes Gandeng Walubi Perbaiki 245 Meter Jalan ke Berastagi
Ketua DPD Walubi Sumut Brilian Moktar salam komando bersama Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Arman Muis di ruang kerja Kabag Ops, Selasa (13/12) sore. (Analisadaily/Zulnaidi)

Analisadaily.com, Pancurbatu - Polrestabes Medan menggandeng DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumatera Utara mengaspal 245 meter jalan nasional di kawasan Pancurbatu, Deliserdang. Hal ini dilakukan untuk memperlancar arus lalulintas dari dan ke daerah wisata Brastagi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Jalan yang diaspal berada di tiga titik lokasi. Dua di kawasan Desa Bintang Meriah dan satu titik di lokasi Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancurbatu, Deliserdang.

Persisnya, ketiga titik lokasi jalan yang diaspal di titik satu, lebar 6,5 m x 35 m panjang sudah selesai. Titik ke 2 dengan ukuran 6,5 m x 80 m juga sudah selesai. Sedangkan titik ketiga 6,5 m x 130 m hampir selesai.

Salah satu titik jalan yang diperbaiki sudah mulus dan nyaman dilalui kendaraan (ist)
Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Arman Muis saat menerima Ketua DPD Walubi Sumut Brilian Moktar di ruangannya, Selasa (13/12) mengucapkan, terimakasih kepada masyarakat dan lembaga swasta yang mau memperbaiki jalan. Pastinya semua itu untuk masyarakat, baik pengguna jasa maupun penduduk di jalur wisata Sibolangit.

Awalnya kegiatan ini, kata Kabag Ops, atas inisiatif Polrestabes Medan yang selalu survei ke atas untuk mengantisipasi jalur dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru. Karena jalur tersebut ketika hari libur, hari raya dan hari hari tertentu akan menjadi sebuah kepadatan dan kerawatan.

Salah satu faktor yang membuat kerawanan, lanjutnya, kemacetan dan adanya jalan rusak serta adanya kenakalan jalanan.

Lancar

“Saat ini kita dibantu masyarakat dari organisasi Walubi Sumut yang telah mendukung perbaikan jalan. Sehingga, ke depan tidak ada lagi jalan rusak. Semua aktivitas berjalan lancar, jalur lancar. Sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dalam libur Natal dan Tahun Baru serta kelancaran aktivitas ekonomi,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat bisa sama-sama. Siapa pun yang akan membenahi jalan baik swasta maupun pemerinta tetap didukung. Ini keterkaitan meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Kami juga sudah berkoordinasi lintas instansi dan pemerintah agar tidak ada masalah ke depan. Balai Besar Jalan juga saat ini sedang melakukan proses pekerjaan. Sehingga, kita bersama swasta dan pemerintah saling membantu,” ucapnya.

Menurutnya, banyak jalan yang rusak, namun Polrestabes Medan memprioritaskan jalur Medan-Brastagi. Soalnya, tidak ada jalur alternatif. “Satu-satunya cara, ya, perbaikan jalan. Terimakasih atas dukungan Walubi untuk membantu perbaikan jalan,” tambah Kabag Ops lagi.

Ketua DPD Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH perbaikan jalan tersebut merupakan inisiasi Polrestabes. “Tanpa dukungan Polrestabes dan jajaran, ini tidak bisa dilakukan. Apalagi arus lalulintas kawasan tersebut padat, sehingga sulit dilakukan. Kedua, susahnya adanya gangguan dari preman, tapi sejauh ini semua lancar,” sebut Brilian.

Membangun negeri

Ketua Apindo Deliserdang ini menyebutkan, apa yang dilakukan Walubi Sumut serta dukungan donatur pribadi dan bantuan dari Yayasan Kenangan Budi Luhur tersebut, merupakan wujud kepedulian dalam membangun negeri.

“Para pahlawan dulu, mereka memperjuangkan negara ini berkorban nyawa dan harta. Sekarang, kita harus membantu negara ini untuk mencapai kemakmuran. Pembangunan itu, tidak harus menunggu dari pemerintah saja. Selain itu, apa yang diperbuat ini juga bagian dari amal kebajikan yang pahalanya mengalir terus selagi orang memanfaatkan jalan tersebut,” ucap Wakil Ketua DPD PDIP Sumut ini.

Dia berharap, Balai Besar Jalan Nasional ke depan dapat menambah anggaran untuk perbaikan jalan. “Terutama ketika akhir tahun. Jangan sampai di penghujung tahun sudah tidak ada anggaran lagi untuk perbaikan. Tapi, kalau presiden datang, ternyata bisa. Harusnya kenyamanan masyarakat harus menjadi prioritas juga,” tegas mantan anggota DPRD Sumut dua periode ini.

Sebagai Ketua Walubi Sumut, Brilian memberikan apresiasi kepada donatur, Yayasan Kenangan Budi Luhur dan Kapolrestabes, Kabag Ops AKBP Arman Muis, Kapolsek Pancurbatu AKP Norman Sihite dan jajarannya sehingga perbaikan jalan tersebut terlaksana dengan baik.

“Jalan itu diaspal sesuai standar nasional dengan anggaran 294 juta rupiah. Pihak kontraktor menggaransi satu tahun,” sebut Brilian lagi

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi