Bandara Kualanamu Siap Sambut Nataru

Bandara Kualanamu Siap Sambut Nataru
Personel keamanan saat persiapan Nataru di Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Bandara Kualanamu siap menyambut calon penumpang pesawat pada Natal dan Tahun baru (Nataru). Hal ini dikatakan Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu, Heriyanto Wibowo, Selasa (20/12).

Kata dia, persiapan rencana Operasi Angkutan Nataru di Bandara Kualanamu 2022/2023 diperkirakan jumlah penumpang pada titik puncak arus keberangkatan akan terjadi pada H-1 (Natal) dengan jumlah trafik pesawat 188 penerbangan serta jumlah trafik penumpang mencapai 25.573.

Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+1 (Tahun Baru) dengan jumlah trafik pesawat 186 flight, serta jumlah trafik penumpang mencapai 25.088.

"Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu di 2022 ini mengalami peningkatan yang cukup baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Adapun peningkatan jumlah penumpang naik sebanyak 6.230 atau naik sekitar 11 % pada tahun ini," kata Heriyanto.

Kata dia, sebagai antisipasi kenaikan jumlah penumpang, PT AVI melakukan berbagai persiapan baik sisi udara maupun sisi darat. Termasuk fasilitas pendukung pemanduan lalu lintas udara, fasilitas take off/landing, fasilitas pendukung pergerakan pesawat udara di apron serta garbarata.

Peningkatan kapasitas Uninterruptible Power Supply (UPS) dan genset untuk mengantisipasi gangguan pasokan tenaga listrik, serta fasilitas pendukung ground handling, meningkatkan personiel layanan dan keamanan, Terminal Inspector Service (TIS) total 40 personel, Teknik total 130 personel.

Operasi total 484 personel, dan tambahan personel dari Eksternal terdiri dari TNI dan Polri sebanyak 15 personel. Sementara untuk Dinas Kesehatan 3 personel, KKP 3 personel, serta Dinas Perhubungan 3 personel.

Pihak Maskapai juga sangat mendukung kegiatan ini dengan melakukan penambahan jumlah pesawat yang beroperasi selama Angkutan Nataru.

Dengan dilakukannya persipan baik di sisi udara maupun sisi darat, diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari penundaan maupun pembatalan jadwal penerbangan.

Kegiatan patroli mobil dan online report ke posko-posko akan dilakukan dengan optimal. Saat ini tercatat 1 ekstra flight diajukan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Cengkareng untuk mendukung angkutan Nataru.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi