Bane Manalu Ingin Bagak Konveksi Bermafaat Bagi Masyarakat

Bane Manalu Ingin Bagak Konveksi Bermafaat Bagi Masyarakat
Peresmian Bagak Konveksi di Jalan Tanjung Tongah, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Sumatera Utara. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Siantar - Bane Raja Manalu tidak hanya berhenti pada mendirkan sebuah usaha, tetapi juga mempunyai mimpi besar untuk mensejahterahkan masyarakat. Upaya itu pun dia tunjukkan dengan mendirikan 'Bagak Konveksi' di Jalan Tanjung Tongah, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Siantar, Sumatera Utara, Jumat (23/12).

Bane mengatakan sukses itu menular, tetapi prosesnya tidak sama dengan virus.

"Jangan berhenti bermimpi. Jangan berhenti berusaha. Raih cita-cita, meski jalan hidupmu tak selalu mulus. Ingat, Tuhan tak berjanji langit biru, tapi penyertaannya selalu hadir," kata Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia itu.

Kata Bane, kesuksesan memerlukan proses. Sama halnya dengan berdirinya Bagak Konveksi yang juga melalui sejumlah proses. Usaha ini didasari atas nama semangat, keyakinan, dan keinginan untuk berdampak positif pada masyarakat.

"Mengubah hidup juga soal mental dan pola pikir. Saya punya cita-cita menciptakan manusia-manusia yang merdeka secara keuangan. Bagaimana manusia-manusia bisa berpenghasilan," papar alumni SMA Negeri 3 Pematang Siantar ini.

Masih kata dia, di Siantar-Simalungun banyak perajin tenun Ulos dan tidak sedikit menggantungkan hidupnya berpenghasilan dari sana.

"Lalu saya berpikir bagaimana rumah produksi Bagak Konveksi bisa berdampak menghidupkan dan menyejahterahkan perajin tenun atau yang disebut parkacukcak. Di situlah nanti akan lahir kolaborasi antara Bagak Konveksi dan perajin tenun," ucapnya.

"Kehadiran Bagak Konveksi harus memberikan dampak bagi warga sekitar. Saya tidak berhenti di sini mimpinya. Kita harus menciptakan sesuatu yang besar khususnya di Sumatera Utara," ujarnya.

Komisaris Waskita Realty (BUMN) tersebut juga menyampaikan, ia bermimpi bisa melahirkan brand-brand di level internasional.

"Kita itu bukan pebisnis, tapi kita pengusaha. Bedanya, pebisnis selalu bicara untung. Pengusaha akan berbicara berdampak. Kalau mimpi ini terwujud lebih besar, maka dampaknya pun akan lebih besar," kata pria kelahiran 41 tahun silam ini.

Ketua DPRD Siantar, Timbul Lingga, menilai Bane Raja Manalu adalah sosok yang menginspirasi.

"Di tengah-tengah banyaknya tantangan zaman, Bane Raja Manalu berpikir bagaimana belajar, berusaha, dan berbagi. Saya yakin usaha Bagak Konveksi akan berdampak dan menyerap tenaga kerja di Kota Pematang Siantar," tutur Timbul.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi