Herman Deru Berkomitmen Bentuk DMDI di 34 Provinsi se-Indonesia

Herman Deru Berkomitmen Bentuk DMDI di 34 Provinsi se-Indonesia
Ketua Umum DMDI, Herman Deru, diabadikan bersama Sekjend Datuk Said Aldi Al Idrus (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Palembang - Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Herman Deru, berkomitmen kuat membentuk DMDI di 34 provinsi se-Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan suku, adat, budaya Melayu di Tanah Air.

“Saya bersama pengurus DMDI Indonesia bergerak sampai DMDI di 34 provinsi se-Indonesia terbentuk. Selain silaturahmi, tujuannya juga untuk membangun dan memajukan suku, adat dan budaya Melayu,” kata Herman Deru usai coffee night bersama Sekretaris Jenderal DMDI Indonesia, Datuk Said Aldi Al Idrus, Wasekjen Ifan Fahriansyah di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Palembang, Jumat(13/1).

Herman Deru juga menjelaskan, DMDI merupakan salah satu organisasi islam terbesar dunia yang penyebarannya sampai ke mancanegara. Selain itu, organisasi ini juga bukan hanya sebagai identitas bagi Rumpun Melayu, namun juga menjadi kekuatan dalam memperkokoh akar budaya, etika kemelayuan yang harus diturunkan kepada generasi berikutnya.

“Jika DMDI Indonesia ini bisa tertata dengan baik dan sudah memiliki pengurus di 34 provinsi, maka saya yakin dan percaya DMDI di Tanah Air menjadi salah satu organisasi kesukuan yang kuat mempertahankan warisan budaya Melayu di Indonesia, serta bisa menyumbangkan ide dan gagasan, kreatifitas, sosial dan kemanusiaan bagi bangsa dan negara,” paparnya.

“Saya sangat meyakini itu, karena banyak anak Melayu tersebar di penjuru daerah di Indonesia. Mohon doa bersama, agar DMDI Indonesia memiliki pengurus di 34 provinsi,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selama membentuk pengurus di 34 provinsi, dirinya bersama Sekjend Datuk Said Aldi Al Idrus yang juga Ketum DPP BKPRMI akan menggandeng tokoh adat, tokoh pemuda Melayu Islam di Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah pergerakan merangkul tokoh-tokoh Melayu Islam lainnya untuk bergabung dengan DMDI Indonesia. Selain itu juga, mempermudah penyebaran nilai-nilai warisan adat dan budaya.

Senada juga dikatakan Sekjen DMDI Indonesia, Datuk Said Aldi Al Idrus mengungkapkan bahwa pada Januari ini akan melantik pengurus DMDI Riau, DMDI Kepulauan Riau. Said Aldi juga mengungkapkan, DMDI Indonesia memang membutuhkan sosok seperti Herman Deru yang dikenal pekerja keras, bijaksana dan berkeinginan kuat dalam membangun masyarakat Melayu di negeri ini.

“Termasuk mempertahankan warisan budaya Melayu Islam di Indonesia. Herman Deru ini adalah sosok dan tokoh DMDI yang sangat luar biasa perjuangannya untuk kepentingan umat, beliau juga sangat cinta dengan adat budaya Melayu Islam. Maka dari itu, keinginan beliau untuk membentuk DMDI di seluruh provinsi harus kita dukung bersamaan juga mohon dukungan dan arahan Presiden DMDI Tun Seri Setia M Ali Rustam,” harap Said Aldi.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi