Pelajar SMA Negeri 1 Binjai Diminta Jauhi Narkoba

Pelajar SMA Negeri 1 Binjai Diminta Jauhi Narkoba
Pelajar SMA Negeri 1 Binjai ikuti Penyuluhan Hukum dalam program Jaksa Masuk Sekolah, Rabu (1/2). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melalui Bidang Penerangan Hukum pada Asintel menggelar kegiatan Penyuluhan Hukum dalam program Jaksa Masuk Sekolah di SMA N 1 Binjai, Jalan WR Mongonsidi, Binjai Kota, Rabu (1/2).

Kepala Sekolah SMA N 1 Binjai, Syahfrizal Tarigan, menyambut baik program Jaksa Masuk Sekolah Kejati Sumut memberikan edukasi dan pemahaman kepada 90 orang siswa perwakilan dari SMA N 1 Binjai terkait topik yang diusung.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada tim dari Kejati Sumut yang telah memilih sekolah kami sebagai tempat pelaksanaan penyuluhan hukum. Semoga dengan penyuluhan hukum ini siswa kami semakin sadar hukum dan aturan yang berlaku," katanya.

Kacabdis Provsu untuk wilayah Binjai Stabat Junanda menyampaikan dalam kurikulum merdeka belajar siswa diberi kebebasan dalam mengembangkan potensinya. Kalau berbakat di bidang musik, olahraga, menulis atau bakat lainnya silahkan dikembangkan.

"Akan tetapi dalam proses mewujudkan impian atau cita-cita adek-adek ada godaan untuk mencoba narkoba, ikut kelompok kejahatan dan akibatnya cita-cita yang diharapkan jadi gagal karena sudah terjebak dengan natkoba atau kejahatan lainnya, " kata Junanda.

Kata dia, ini menjadi salah satu upaya kita sejak dini dalam memberikan pemahaman tentang aturan dan hukum, dengan harapan anak didik kita mengenali hukum dan menjauhi hukuman.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Yos A Tarigan, mengingatkan siswa agar tidak mudah terpancing saat membaca status negatif di medsos. Siapa tau itu jebakan yang menyeret kita berkonflik dengan hukum.

"Setiap kali menerima informasi, saring dulu imformasinya baru di share. Kendalikan jarimu jangan sampai bermasalah dan menyeret kita bermasalah dengan hukum," tandas Yos.

Jaksa Fungsional Joice V Sinaga, menyampaikan beberapa jenis narkoba dan contoh kasusnya.

"Dalam segala hal aktivitas di luar rumah, kita harus hati-hati agar jangan sampai terjebak dan membawa kita bermasalah dengan hukum. Jangan pernah mencoba narkoba kalau anak-anak kami ingin mewujudkan impian atau cita-cita yang sudah ditekadkan sejak dini," kata Joice V Sinaga.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi