Sat Lantas Polres Sergai Lakukan Pembinaan ke Sekolah

Sat Lantas Polres Sergai Lakukan Pembinaan ke Sekolah
Sat Lantas Polres Sergai Lakukan Pembinaan ke Sekolah (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Sergai - Guna menekan para peelajar terlibat dalam kenakalan remaja, Satuan Lantas Polres Sergai melakukan pembinaan dan penyusulan ke sekolah-sekolah melalui program Police Goes to School.

"Kegiatan ini merupakan upaya dan bentuk kepedulian Polri, khususnya Polres Sergai untuk ikut membina, mengawasi, dan mengarahkan anak-anak usia produktif agar terhindar dari pengaruh negatif yang berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap situasi Kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Sergai," kata Kapolres Sergai, AKBP Ali Machfud, melalui Kasat Lantas Polres Sergai, AKP Andita Sitepu, Selasa (14/2).

Menurut Kasat Lantas, dalam program Police Goes to School anggota yang ditugaskan adalah Kanit Reg Ident Sat Lantas, Ipda Zulfan Ahmadi, yang bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Bripka Juparto Situmorang yang sekaligus memberikan penyuluhan dan menyampaikan pesan untuk menghindari kasus kenakalan remaja di sekolah Yayasan Pendidikan RA. Kartini Sei Rampah.

“Kita memberikan materi tambahan tentang kedisiplinan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja, dan sebagai pembina menyampaikan imbauan kepada warga sekolah, baik guru, staf, dan para pelajar untuk bersama-sama waspada terhadap ancaman dan pengaruh megatif,” kata Kasat.

Dijelaskan AKP Andita, program ini dilatarbelakangi bahwa akhir-akhir ini begitu marak terjadinya kejadian tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kalangan pelajar, dan salahnya adanya perkelahian antarsekolah.

“Kita ketahui wilayah Kabupaten Sergai adalah suatu wilayah atau daerah yang mempunyai potensi terjadinya konflik sosial, mayoritas anak-anak mudanya mengikuti kegiatan bela diri ataupun kegiatan positif lainnya. Maka untuk menangkal dan meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas terkait kenakalan remaja seperti melakukan kejahatan, mengikuti arak-arakan, konvoi dan kegiatan pelanggaran lainnya, jika tidak dikelola dengan baik tentunya akan berdampak pada situasi Kamtibmas,” ungkapnya.

Selain berdampak pada gangguan Kamtibmas, tentu akibat tindakan yang dilakukan oleh pelajar apabila terlibat dalam tindak pidana pasti akan berdampak merugikan dirinya sendiri dan kelurga. Maka upaya pencegahan terus dilakukan oleh Sat Lantas Polres Sergai dan Pos Lantas Jajaran Polres Sergai dengan upaya pendekatan di lingkungan sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

“Kami telah melakukan kegiatan sambang dan koordinasi antarsekolah terkait informasi yang berkembang. Kemudian bersama pihak sekolah juga mengajak para orang tua untuk bekerja sama dalam mengawasi anak-anak,” tutup Kasat Lantas.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi