Melindungi Tubuh Lebih Mudah dengan Asuransi Kesehatan Berbasis Digital

Melindungi Tubuh Lebih Mudah dengan Asuransi Kesehatan Berbasis Digital
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Perkembangan teknologi sudah semakin pesat, keseharian manusia juga semakin bergantung dengan teknologi untuk beraktivitas. Asuransi kesehatan berbasis digital mulai berkembang dengan semakin besarnya peran teknologi di kehidupan masyarakat.

Pengaruh teknologi dalam hidup manusia semakin besar dimulai dari Pandemi Covid-19 dimana sumber komunikasi masyarakat hanya melalui chatting platform, media sosial, telepon dan sesuatu yang menjadi norma baru adalah video call atau video conference yang semakin sering digunakan.

Selain ketergantungan terhadap teknologi untuk komunikasi, sekarang teknologi juga digunakan untuk layanan kesehatan. Penggunaan teknologi dalam pelayanan kesehatan adalah untuk upaya pencegahan dan melakukan penanganan yang tepat.

“Pak Menteri bilang, mengapa Covid-19 kita bisa memiliki data real time? Mengapa tidak untuk penyakit yang lainnya? Kuncinya, kami mengintegrasikan seluruh data - data layanan kesehatan. Jadi sifatnya bukan pelaporan tetapi layanan kesehatan yang dicatat saat orang melakukan layanan. Pencatatannya ada di rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas),” Jelas Setiaji, S.T., M.Si., kepada Mediakom pada Senin (18/04) selaku Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan.

Asuransi kesehatan berbasis digital merupakan inovasi yang memudahkan seseorang untuk mendapatkan asuransi secara online. Asuransi kesehatan berbasis digital yang juga disebut sebagai asuransi online memiliki perbedaan dari asuransi konvensional.

Pada asuransi konvensional, pembeli akan menerima buku polis dalam bentuk cetak dari perusahaan atau agen asuransi. Namun, pada asuransi online, polis akan tersedia dalam bentuk digital yang memudahkan pemegang polis untuk mengaksesnya secara online, bisa melalui handphone maupun komputer.

Selain itu, keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki polis asuransi secara digital adalah biaya produksi menjadi lebih hemat karena polis tersedia dalam bentuk digital.

Salah satu asuransi kesehatan berbasis digital adalah Super You yang merupakan produk inovasi dari PT. Asuransi Jiwa Sequis Life. Super You menawarkan berbagai produk asuransi dengan sistem keanggotaan yang berbasis langganan dimana setiap produk memiliki harga yang berbeda - beda berdasarkan kebutuhan masing - masing.

Head of Digital Marketing Super You Herlambang Satriadi menjelaskan mengenai arti dari Super You dalam mengembangkan industri asuransi digital dan kontribusinya dalam penetrasi asuransi kesehatan di Indonesia.

“Asuransi digital memberikan kemudahan proteksi secara masif ke seluruh Indonesia baik kota besar maupun kota - kota kecil. Dengan asuransi digital, kebutuhan proteksi akan semakin praktis, mudah, aman dan cepat”, ujar Herlambang

Kelebihan utama dari memiliki asuransi kesehatan berbasis digital adalah kepraktisan yang akan didapatkan. Namun, lebih dari itu, berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki asuransi online di antaranya:

  • Semakin Praktis dan Mudah

Membeli asuransi secara digital menjadi semakin mudah, karena bisa membandingkan dan mengakses berbagai macam pilihan perusahaan dan produk asuransi kesehatan yang ada di Indonesia.

Faktor ini sangat memudahkan, karena pembeli polis tidak harus datang ke kantor ataupun menghubungi perusahaan asuransi tersebut agar bisa dihubungkan dengan agen asuransi.

  • Kelebihan untuk Membandingkan Polis

Karena bisa diakses secara digital, calon nasabah bisa secara seksama membandingkan beberapa perusahaan dan produk asuransi untuk menentukan manfaat dan premi yang dibutuhkan.

  • Proses yang Lebih Aman dan Cepat

Tidak usah takut melakukan pembelian premi online, pastikan saja bahwa broker dan portal asuransi telah terjamin resmi dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Jika izin usaha broker dan portal yang dimiliki resmi, maka aman untuk melakukan transaksi dan tidak usah takut, karena transaksi tersebut akan tercatat melalui sistem.

  • Proses Klaim yang Semakin Mudah

Asuransi online akan membantu proses klaim semakin mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara online. Tidak usah takut klaim akan ditolak, karena pengajuan klaim yang tertulis pada perjanjian polis akan dibantu oleh marketplace asuransi.

Nah, sekarang paham kan tentang asuransi kesehatan berbasis digital? Dalam bentuk apapun, asuransi penting untuk dimiliki untuk mencegah risiko yang bisa terjadi. Hanya saja, dengan asuransi online, klaim akan semakin mudah untuk dilakukan.

Super You by Sequis Online adalah salah satu asuransi berbasis digital dengan banyak produk asuransi yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing, salah satunya adalah Super Easy Health Protection, produk asuransi kesehatan dan kecelakaan yang bisa digunakan untuk rawat jalan dan inap, menanggulangi biaya rawat jalan darurat, melakukan terapi, ambulans, prosedur pembedahan hingga untuk melakukan perawatan setelah rawat inap.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi