Tekan Stunting, Dolly Terjun Langsung Beri Makanan Tambahan Kepada Anak-Anak

Tekan Stunting, Dolly Terjun Langsung Beri Makanan Tambahan Kepada Anak-Anak
Tekan Stunting, Dolly Terjun Langsung Beri Makanan Tambahan Kepada Anak-Anak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Angkola Barat - Dalam upaya menekan angka stunting di Tapsel, Bupati Dolly Pasaribu terjun langsung memberi makanan tambahan kepada anak-anak butuh perhatian khusus.

Makanan tambahan itu diserahkannya saat mengunjungi 2 Puskesmas di Kecamatan Angkola Barat dan Marancar, Jumat (3/3).

"Mari lihat stunting dari perspektif lain, bahwa anak-anak yang diduga penderita adalah mereka yang harus diselamatkan, dan beri perhatian lebih. Oleh karenanya para orang tua harus memberi perhatian ekstra lebih sejak dalam kandungan 1.000 hari kehidupan," ujarnya.

Dolly juga mengingatkan, untuk perkembangan organ, otot dan otak umur balita kurang dari 59 bulan agar diberikan perhatian super ekstra dengan memberikan gizi yang cukup.

"Masa-masa emas ini merupakan masa penting dan krusial yang memengaruhi masa depan anak dan keluarga," katanya.

Dolly juga mengajak para orang tua agar membawa anak mereka secara rutin ke Posyandu. "Mulai dari kehamilan, melahirkan, bayi berumur 0 sampai 59 bulan, juga di fase-fase selanjutnya, pola gizi dan pola asuh yang diberikan kepada anak disesuaikan, dan hal itulah kita berikan pemahaman kepada para orang tua," ucapnya.

Disamping itu, kata Dolly, sangat penting para orang tua untuk mengetahui 4 faktor yang menyebabkan terjadinya stunting, menurut laporan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tahun 2017.

"Pertama, kurangnya pengetahuan gizi yang baik saat hamil dan melahirkan, kedua, pelayanan pemeriksaan kehamilan yang kurang berkualitas, ketiga, akses makanan bergizi yang kurang dan keempat, kurangnya akses air bersih serta sanitasi yang dapat mempengaruhi impeksibel ulang pada perkembangan anak," terangnya.

Seorang warga Angkola Barat, Megawati, menyampaikan rasa senangnya. Selain mendapatkan makanan tambahan bagi anaknya, juga memeroleh pengetahuan tentang pencegahan stunting.

"Terima kasih Pak Bupati, selain anak saya mendapat makanan tambahan dan pelayanan Posyandu, kami juga dikasih pemaparan tentang pola gizi yang baik pada anak," tuturnya.

Hal senada dikatakan Arifin, warga Marancar yang mengungkapkan, selama ini, apa yang dilakukan pada gizi anaknya terbilang jauh dari kata sehat.

"Setelah dipaparkan Pak Bupati, saya paham akan pentingnya menjaga gizi anak, kedepan saya akan lebih memerhatikan perkembangan anak saya, terutama pola makanannya dan pola asuhnya," ungkapnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi