Fenomena Konjungsi Antarplanet Hiasi Langit Kota Medan Tadi Malam

Fenomena Konjungsi Antarplanet Hiasi Langit Kota Medan Tadi Malam
Fenomena Konjungsi Antarplanet hiasi langit Kota Medan, Jumat (24/3) malam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Pada malam ketiga bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Jumat (24/3) terlihat keindahan bulan berbentuk sabit, dan di bagian ujung diterangi seperti bintang terlihat jelas di langit Kota Medan.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memberikan penjelasan. Fenomen itu terjadi akibat dari peredaran planet-planet mengelilingi matahari pada orbit berbentuk elips.

"Maka, memungkinkan antarplanet akan berpapasan pada waktu tertentu. Fenomena ini juga disebut konjungsi antarplanet," kata On Duty BBMKG I Medan, Hanif Zarkasi.

Hanif mengungkapkan, terjadinya fenomena ini hanya sekali dalam beberapa tahun. Sehingga disebut fenomena yang cukup langka. Sama halnya dengan konjungsi yang terjadi antara bulan dan venus.

"Bumi, bulan, dan venus berada pada satu garis lurus sehingga posisi bulan dan venus cukup berdekatan, satu sama lain saat diamati dari bumi," ungkapnya.

Hanif menambahkan, fenomena bulan ini untuk melihat tidak perlu menggunakan alat bantu. Cukup menggunakan mata telanjang, keindahan bulan tersebut, dapat dilihat secara langsung.

"Fenomena ini, dapat diamati dengan mata telanjang. Setelah matahari terbenam hingga venus terbenam," tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi