4,4 juta Pemudik Diprediksi Masuk ke Sumut saat Lebaran 2023

4,4 juta Pemudik Diprediksi Masuk ke Sumut saat Lebaran 2023
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 2023 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, menjamin keamanan dan kelancaran saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Sumut. Hal ini dikatakannya usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 2023.

"Dari rapat tadi, kita siap memberikan pengamanan termasuk jalan. Saya sudah melewati semua jalan di Sumut, kondisi jalan sangat baik," kata dia didampingi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Jumat (14/4).

Panca mengatakan, ada 4,4 juta pemudik yang bakal masuk ke Provinsi Sumut saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. "Ada fenomena peningkatan pemudik tahun ini. Berdasarkan prediksk Menteri Perhubungan ada 4,4 juta dari 123 juta jiwa yang akan masuk ke Sumut," ucapnya.

Untuk itu, Kapolda meminta kepada pemudik khususnya dari Pulau Jawa untuk tetap berhati-hati saat mudik. "Untuk itu pemudik dari Jawa yang masuk ke Sumut. Bagi yang lelah jangan dipaksa dan istirahat di tempat peristirahatan, dan pos-pos yang sudah disediakan oleh pemerintah khususnya Polda Sumut," tuturnya.

Panca mengingatkan kepada pemudik yang masuk ke Sumut untuk tetap menaati aturan lalu lintas dan mengikuti pedoman dari petugas yang ditempatkan di Pospam maupun di lokasi mudik.

"Yang kita ingatkan masyarakat yang masuk ke Sumut patuhi rambu-rambu dan petunjuk dari petugas pengamanan yang ada di pos dan juga yang ada di pos-pos yang ada di pelabuhan, bandara dan terminal," jelasnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menambahkan, Sumut telah siap menghadapi perayaan Idul Fitri 1444 H. "Sumut, sampai saat ini hingga selesai Idul Fitri kondisi baik dan aman mulai dari logistik, jalan dan pengamanan semua berjalan dengan lancar," sebutnya.

Namun Edy tetap mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik untuk tetap waspada. "Yang diwaspadai masyarakat harus tetap hati-hati di jalan dan lengkapi semua peralatan dan jaga keamanan rumah ditinggalkan," kata dia.

Untuk kondisi infrastruktur jalan yang ada di Provinsi Sumut, semua sudah diatasi dan dijamin. "Jalan rusak relatif semua suda diatasi. Sudah disiapkan titik-titik strategis ada petugas semua menyiapkan kemungkinan dan kondisi siap," tambah Edy.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi