Investasi Terbaik Bagi Generasi Muda Adalah Pendidikan

Investasi Terbaik Bagi Generasi Muda Adalah Pendidikan
Kuliah umum di Gedung Auditorium USU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) kebagian bekal ilmu dari kuliah umum. Total, kehadiran peserta kuliah umum di Gedung Auditorium USU pada Selasa (9/5) mencapai 1.250 mahasiswa.

Kuliah umum ini merupakan rangkaian program untuk mengejar pemerataan pendidikan serta literasi keuangan di kalangan generasi muda, yang saat ini berada pada masa puncak Bonus Demografi pada 2030.

Salah satu pemateri adalah Direktur BCA, Haryanto T Budiman. Dia mengatakan, ketidakpastian bukan hanya saat Covid-19, tapi juga terjadi saat ini. Ketidakpastian bisa menimbulkan krisis, tapi krisis juga bisa menjadi peluang.

“Ini yang kita harus bisa jeli melihat peluang yang timbul apabila kita menghadapi suatu krisis,” ujarnya.

Kuliah umum ini mengusung topik "How To Succeed In The Era of Disruptions and Uncertainties". Seperti yang diketahui bersama, pandemi Covid-19 disusul guncangan perekonomian global, konflik geopolitik, hingga disrupsi teknologi merupakan tantangan besar yang berlangsung beberapa tahun terakhir.

“Namun dengan cara yang tepat, bahkan kondisi sulit seperti itu dapat menghasilkan pemenang,” ujarnya.

Diterangkan Haryanto, sewaktu terjadi pandemi Covid-19, banyak debitur yang mengajukan restrukturisasi, karena kondisi ekonomi yang sulit. Pihaknya adalah bank yang memiliki slogan senantiasa di sisi nasabah, baik dalam kondisi bagus maupun buruk.

Pada saat krisis tersebut, pihaknya memberikan bantuan dalam bentuk relaksasi kepada sejumlah nasabah. Hasilnya, banyak yang ingat bahkan menyampaikan ke anaknya dan rekan-rekannya untuk tidak pindah.

“Itu contoh krisis yang menjadi peluang. Krisis kemarin juga menjadi peluang untuk kita bisa masuk ke hybrid model. Dulu kita semua harus tatap muka, belakangan justru dengan hybrid model lebih efisien,” sebutnya.

Program ini dimulai bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu di Universitas Indonesia (UI). Selain di UI dan USU, rangkaian kuliah umum ini akan turut hadir di sejumlah kampus lain seperti Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, hingga Universitas Gadjah Mada.

Selain itu, juga dilengkapi dengan kegiatan Student Banking Tour yang akan mengajak sejumlah siswa belajar mendalami materi perbankan seraya berkunjung langsung ke kantor cabang.

Ada pula kegiatan bertajuk I'm Capable yang mendorong pendidikan inklusif dan ramah disabilitas khusus mengenai materi keuangan dan pelatihan kepada kaum disabilitas.

EVP Corporate Communication & Social Responsbility, Hera F Haryn menambahkan, kegiatan secara khusus diramu untuk mendukung kemajuan pendidikan yang inklusif demi mencetak SDM unggul di Indonesia.

“Kami percaya investasi terbaik bagi generasi muda dalam bentuk pendidikan, pengembangan kapasitas diri,” tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi