Rally 2023 Ingin Promosikan Kawasan Danau Toba

Rally 2023 Ingin Promosikan Kawasan Danau Toba
Opening Ceremonial start yang dilaksanakan di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simalungun - Ketua Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Musa Rajekshah, kembali mengikuti kejuaraan nasional ini dan akan bersaing dengan 38 pembalap rally lainnya.

Dia mengatakan, Danau Toba Rally diharapkan semakin mempromosikan kawasan Danau Toba melalui ajang sport tourism di mata masyarakat lokal dan dunia.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung event yang telah menyiapkan lintasan balapan di kawasan konsesi," Wakil Gubernur Sumatera Utara ini saat Opening Ceremonial start di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Jumat (23/6).

"Harapan kita semoga event ini terus bergulir, karena kita mau membuat Danau Toba semakin ramai. Itu sebabnya event rally ini sengaja dibuat di sini untuk mendukung dan promosi pariwisata di kawasan Danau Toba," sambungnya.

Menurut dia, Danau Toba Rally 2023 ini ingin mendorong event ini menuju event internasional di tingkat kejuaraan dunia. Karena kita pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Rally Dunia (WRC) pada tahun 1996 dan 1997.

Kejuaraan nasional Danau Toba Rally 2023 ini menjadi momentum bagi para perally nasional untuk menaklukkan Special Stage (SS) yang berada di Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL.

Deputy Social Capital Head, Linggom Dongoran, menyampikan dukungan kegiatan ini untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba. TPL menyambut dengan hormat dan mendukung penuh terlaksananya event Danau Toba Rally 2023 ini.

"TPL sebagai salah satu sponsor pendukung menyambut dengan baik dan mendukung penuh terlaksananya kejuaraan nasional Danau Toba Rally 2023 di Aek Nauli. Event ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga internasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas serta alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan," katanya

Linggom juga menambahkan, event ini juga diharapkan mampu menghadirkan multiplier efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

"Dengan program sport tourism, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang merupakan destinasi wisata prioritas nasional," ucapnya.

39 pembalap yang bertanding akan menjajal total 9 Special Stage (SS) dengan perincian 6 SS pada hari pertama dan 3 SS pada hari terakhir. Total SS sepanjang 151,23 Km membentang dari wilayah Nagori Dolok, Huta Tonga, Aek Nauli hingga Gorbus.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi