Memperingati IYD 2023, 1.000 Peserta Ikuti Yoga Bersama

Memperingati IYD 2023, 1.000 Peserta Ikuti Yoga Bersama
Para peserta saat ikuti Yoga Bersama (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Memperingati Hari Yoga Internasional (IYD), Konsulat Jenderal India di Medan kembali menggelar kegiatan 'Yoga Bersama' di Sampoerna Academy, Citra Garden Medan, Sabtu (24/6/2023). Kegiatan yang diikuti hampir 1.000 bekerja sama dengan Nirvana.

Perayaan akbar Yoga tahun ini semakin semarak karena dipandu langsung Anjasmara, artis senior sekaligus guru yoga ternama di Indonesia yang hadir mewakili Nirvana.

Anjasmara mengatakan melalui perayaan yoga akbar ini, berarti dunia mengakui yoga adalah salah satu olahraga yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

"Saya ingin sampaikan ke masyarakat bahwa yoga memang berasal dari India. Tetapi dalam praktiknya yoga tidak memaksakan setiap orang yang mau beryoga untuk berpindah kepercayaan menjadi Hindu seperti yang pernah diisukan sebelumnya. Yoga tidak pernah sama sekali memaksakan kita untuk berpindah agama,” katanya usai Yoga Bersama.

Anjasmara mengakui jika berlatih yoga secara rutin berhasil membantunya menjadi lebih sehat secara fisik dan mental.

Yoga itu, lanjutnya, bisa memanajemen stres dengan lebih baik.

"Membantu memperbaiki hidup saya, membuat hidup saya jadi lebih tenang. Di samping itu, berlatih Yoga secara rutin membuat kualitas pernapasan saya jadi lebih baik. Sehingga secara fisik saya merasa tubuh saya lebih sehat dari sebelumnya, setingkat lebih bugar dari kemarin-kemarin,” jelasnya.

Anjas yang sudah belajar Yoga sejak akhir 2004 awal 2005 juga membagikan tips beryoga dan tips memilih matras yang tepat untuk para pemula yang ingin mencoba yoga untuk pertama kalinya.

Ia menyarankan untuk memilih matras yang nyaman dan tidak licin, sehingga saat melakukan pose-pose yoga itu, tidak meleset. Cari bahan anti slip yang dapat memberikan daya cengkeram yang baik.

Bagi pemula, Anjas juga menganjurkan agar para pemula yang ingin mencoba yoga memilih matras dari dalam negeri saja. “Tidak usah produk dari luar negeri karena sekarang ini banyak sekali produsen-produsen matras yoga yang sudah memproduksi matras dengan kualitas internasional seperti Nirvana,” katanya.

Sementara itu, Partnership Manager Nirvana, Yasmita Sari, menambahkan Nirvana merupakan brand ternama di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2015. Produk Nirvana Yoga seperti matras yoga dan peralatan perlengkapan yoga berbahan premium yang diproduksi secara lokal serta terfokus pada seni budaya asli IndonesiaIndonesia yakni batik.

"Yoga akbar seperti ini merupakan acara non-profit dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat luas.

Hal ini sesuai dengan salah satu misi Nirvana, yang adalah me-yoga-kan Indonesia dan sekaligus meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga kita dukung,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mendesain matras melalui inovasi dengan melewati eksperimen dan pengembangan. Kekhasan, produk Nirvana tidak hanya diminati oleh praktisi Yoga di seluruh Indonesia, tetapi juga dunia internasional. Terbukti produk-produk Nirvana sudah diekspor hingga ke seantero Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Sedangkan Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh, menambahkan yoga bukan hanya milik seorang tapi semua orang. Yoga bisa juga disesuaikan untuk gaya hidup sehat dan dilakukan kapan saja.

"Kegiatan ini bukan akhir. Kami akan berusaha membuat kegiatan lebih besar untuk tahun berikutnya. Lewat IYD juga menjadi bagian pemersatu bangsa, dengan tujuan untuk mempromosikan hidup dan pikiran yang sehat," urainya.

(WITA/BR)

Baca Juga

Rekomendasi