217 Siswa SPN Polda Sumut Dilantik, Afandin: Jadilah Polisi Yang Amanah

217 Siswa SPN Polda Sumut Dilantik, Afandin: Jadilah Polisi Yang Amanah
Plt. Bupati Langkat Syah Afandin, saat mendampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, saat pelantikan dan pengambilan sumpah 217 siswa menjadi Bintara Polri Gel-I T.A 2023 di SPN Hinai, Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Kam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily,com, Hinai - Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah 217 siswa Diktukba Polri Gel-I T.A 2023 di SPN Hinai, Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Irjen Pol Panca mengatakan upacara yang di selenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri gelombang I Tahun Anggaran 2023.

" Dengan berakhirnya program pendidikan dan pembentukan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara dan Tamtama sebanyak 9.098 orang, terdiri dari 8.458 Polisi laki-laki dan 640 Polisi wanita," ujar Kapoldasu Irjen Pol Panca, Kamis, (6/7).

Jumlah tersebut, lanjut Irjen Panca, terbagi dalam ke dalam 6.901 Bintara Polisi tugas umum, 499 Bintara Brimob, 100 Bintara Pol Air, 1.499 Tamtama Brimob, dan 99 Tamtama Polair. Tentu ini menjadi kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal.

" Saya mengucapkan selamat kepada para Bintara dan Tamtama remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dan pembentukan selama 5 bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, dan menghantarkan saudara secara resmi pada hari ini di lantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua," ungkap. panca.

Panca juga mengingatkan kepada seluruh personel yang dilantik di tuntut senantiasa harus diaktualisasikan dalam sikap, tutur kata dan perilaku hidup baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan.

" Mulai Hari ini, pada diri saudara-saudara telah melekat identitas dan kehormatan profesi tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang di tuntut senantiasa harus diaktualisasikan dalam sikap, tutur kata dan perilaku hidup baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga menjadi contoh dan teladan masyarakat," pungkasnya.

Plt. Bupati Langkat Syah Afandin yang menghadiri kegiatan tersebut mengucapkan selamat dilantik untuk para Bintara Polri. Semoga menjadi personel berkualitas, unggul, disiplin serta selalu menjalankan tugas dengan profesional dan hati nurani yang ikhlas.

" Pelantikan ini awal menjalankan tugas. Jadi harus terus meningkatkan kemampuan. Sebab Polri memerlukan personel berkualitas dan unggul, guna mewujudkan Bhayangkara negara yang Presisi, yakni prediktif, memiliki reponsibilitas dan mampu mewujudkan transparansi berkeadilan," ujar Afandin.

Afandin juga berpesan kepada siswa yang dilantik menjadi kebanggaan keluarga, masyarakat dan bangsa dalam bersikap saat menjalankan tugas.

“Jangan mudah terbawa arus yang dapat menjerumuskan. Jadi harus terus menjaga amanah masyarakat dan nama baik Polri,” pungkas Afandin.

(HPG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi