PSBD Asahan 2023 Menampilkan 14 Etnis Budaya

PSBD Asahan 2023 Menampilkan 14 Etnis Budaya
Ketua Panitia PSBD Asahan, Nauli Parlaungan Siregar (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan pada 22 Juli-16 Agustus 2023 menampilkan 14 etnis dari berbagai budaya di Kabupaten Asahan.

Ketua Panitia dalam PSBD Asahan, Nauli Parlaungan Siregar, menyebutkan nama etnis yang akan tampil pada PSBD yakni etnis Tabagsel, Batak Toba, Simalungun, Banjar, Pakpak, India, Tionghoa, Melayu, Nias, Karo, Aceh, Sunda, Jawa dan Minang.

"Semua etnis ini akan menampilkan tarian khas daerahnya yang dapat menghibur masyarakat Asahan maupun luar Asahan serta menambah wawasan kita tentang budaya dari 14 etnis ini," kata Nauli, Selasa (11/7).

Di dalam kegiatan PSBD itu, setiap etnis juga akan mendirikan berbagai rumah adat untuk ditampilkan atau pun dipamerkan agar masyarakat bisa mengetahui dan membedakan yang mana adat Jawa dan ada Batak Toba maupun Tabagsel.

"Dengan adanya rumah adat maka masyarakat bisa membedakan, artinya pengetahuan tentang budaya bisa tertanam kepada masyarakat khususnya para pelajar yang akan berkunjung," jelas Nauli.

Tidak itu saja, lanjut Nauli menjelaskan, ada juga nanti yang dipamerkan seperti promosi pembangunan daerah, pagelaran kesenian daerah seminar budaya, bazaar kuliner khas daerah, lomba olahraga tradisional dan festival lagu kesenian daerah.

"Nanti setiap etnis akan menampilkan cerita rakyat yang melegenda dari daerahnya masing-masing, artinya bagaimana kita menyelenggarakan kegiatan ini bukan hanya menghibur namun jaga mendapatkan ilmu tentang budaya yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten Asahan," ujarnya.

Dia berharap kepada masyarakat agar dapat menyaksikan pergelaran seni budaya ini yang akan laksanakan di Jalan Taufan Gama dekan lapangan samping rumah rusunawa yang dilaksanakan selama dua Minggu. "Mari kita saksikan pergelaran seni budaya karena disini kita tau tentang budaya khas Indonesia khususnya Asahan," tegasnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi