Tabagsel Dapat Kesempatan Pertama Tampil di PSBD V Asahan

Tabagsel Dapat Kesempatan Pertama Tampil di PSBD V Asahan
Tabagsel Dapat Kesempatan Pertama Tampil di PSBD V Asahan (Analisadaily/Awaluddin)

Analisadaily.com, Kisaran - Etnis Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) mendapat kesempatan pertama untuk tampil di ajang Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) V Kabupaten Asahan, Minggu (23/7).

Etnis yang sudah menetap dan berbaur di bumi Rambate Rata Raya ini merupakan etnis yang terus menampilkan budaya daerah di setiap momen yang ada di Kabupaten Asahan.

Untuk itu, etnis yang dipimpin Nauli Parlagutan Siregar akan menampilkan budaya Mangolat atau pemberangkatan anak perempuan ke tempat keluarga barunya, kemudian ada juga penampilan Mangalo Alo, menybut kehadiran orang nomor satu di Asahan.

Demikian juga selain manortor yang diberi nama Tor Tor Naposo Nauli Bulung yang menjadi kebanggaan masyarakat Tabagsel akan dilanjutkan dengan tarian Bujing Bujing Penyabungan.

"Ini akan menjadi performan yang akan menarik karena setiap gerakannya memberikan spirit bagi masyarakat untuk berbuat lebih baik lagi," jelas Kabid Humas dan Dokumentasi PSBD V Kabupaten Asahan, Arbin Tanjung, yang juga tokoh Tabagsel.

Baginya, pertunjukan malam ini akan meriah apalagi sejumlah tokoh Tabagsel akan hadir pada malam nanti. Dilanjutkan juga ada penampilan tarian Salak Salak Sibakua serta drama Sampuraga dan diakhiri dengan hiburan artis ibu kota.

(ALN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi