Syarmadani Ajak Warga Kelola Sampah dengan Reuse, Reduce dan Recycle

Syarmadani Ajak Warga Kelola Sampah dengan Reuse, Reduce dan Recycle
Penjabat  Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani, saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 bertema 'Solusi untuk Polusi Plastik' di lingkungan II, Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis, Kota Tebingtinggi, Selasa (8/8). (Website Pemko Tebingtinggi)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani, mengajak warga agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan Reuse Reduce Recycle (3R) dalam pengelolaan sampah.

"Ada nilai ekonomis dari sampah jika pengelolaannya dengan benar, seperti dijadikan kompos dan daur ulang," kata Syarmadani dalam sambutannya saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 bertema 'Solusi untuk Polusi Plastik' di lingkungan II, Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis, Kota Tebingtinggi, Selasa (8/8).

Kata dia, seyogianya Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni, tetapi baru diperingati hari ini karena momentum memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Supaya kita menjaga proklamasi sebagai bentuk meningkatkan daya dukung lingkungan dalam kehidupan kita," urainya.

Syarmadani mengatakan sesuatu yang bersejarah telah terjadi pada sesi kelima United Nations Environment Assembly (UNEA-5.2) pada 2 Maret 2022 yang bertempat di Nairobi, Kenya. Sebanyak 175 perwakilan dari negara-negara di dunia menyatakan, dukungannya terhadap kesepakatan internasional untuk mengakhiri polusi plastik.

"Resolusi yang diadopsi tersebut disebut sebagai "Resolusi Polusi Plastik" (Plastic Pollution Resolution). Diproyeksikan perumusan rancangan perjanjian global yang mengikat secara hukum dengan target rampung diakhir tahun 2024," tutur Syarmadani saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Prof Siti Nurbaya.

Dia mengimbau untuk melakukan pembersihan plastik di pantai-pantai, kawasan konservasi, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan banyak lagi, sehingga dapat memperkuat budaya kehidupan berkelanjutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebingtinggi, Muhammad Hasbie, mengatakan peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia di Kota Tebingtinggi menjadi momentum bagi masyarakat untuk terus menggencarkan gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Sejalan dengan hal itu, Dinas Lingkungan Hidup saat ini telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, diantaranya pada hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang lalu memberikan bantuan kemasan pengganti kantong plastik kepada beberapa mesjid sebagai wadah daging kurban.

Kemudian, memberikan sosialisasi dan edukasi tentang dampak yang ditimbulkan sampah plastik melalui sekolah dalam kegiatan adiwiyata dan membagikan tas belanja dan tumbler tidak sekali pakai kepada masyarakat.

Hasbie juga mengatakan, saat ini Kota Tebingtinggi telah membentuk 2 kampung iklim yang lokasinya di Kelurahan Lalang dan Kelurahan Pinang Mancung. Diharapkan, untuk selanjutnya akan terbentuk kampung iklim di Kelurahan se-Kota Tebingtinggi.

(CHA/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi