Prodi Sastra Indonesia FIB USU Gelar Webinar Menuju Akreditasi Internasional

Prodi Sastra Indonesia FIB USU  Gelar Webinar Menuju Akreditasi Internasional
Peserta Webinar Seminar Nasional Prodi Sastra Indonesia FIB USU. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Program Studi Sastra Indonesia FIB USU menyelenggarakan Seminar Nasional II dengan tema “Program Studi Sastra Indonesia Menuju Internasional”, Selasa (15/08/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Puji Karyanto, S.S., M.Hum., dan Mardhayu Wulan Sari, S. Hum., M.A. dari Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia, FIB, Universitas Airlangga, serta Emma Marsella, S.S., M.Si., dari Program Studi Sastra Indonesia, FIB, USU dengan pewara Rachmad Fadillah Maha, S.S., M.Si., dan moderator Latifah Yusri Nasution, SS.,M.Si.

Dekan FIB USU, Prof. Dr. Dra. T. Thyrhaya Zein M.A. yang diwakili oleh Wakil Dekan III FIB USU Mhd. Pujiono, S.S., M.Hum., Ph. D. dalam sambutannya berharap pemaparan ketiga pemateri dapat menambah pemahaman dan pengetahuan dalam pencapaian akreditasi internasional.

Paparan narsumber.
"Dengan adanya Seminar Nasional II ini akan semakin mantap untuk penyusunan Akreditasi Internasiona," ujarnya.

Puji Karyanto, S.S., M.Hum., selaku narasumber menjelaskan tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan akreditasi internasional FIBAA.

"Langkah pertama adalah memastikan Prodi Sudah Terakreditas BAN-PT/LAM. Kemudian, menetapkan lembaga akreditasi internasional yang sesuai dengan program studi dan diakui DIKTI, mempelajari kriteria dan proses akreditasi sesuai dengan lembaga yang dipilih; berkoordinasi dan berkonsultasi dengan sistem penjamin mutu dan badan penjamin mutu universitas; membentuk TIM TASKFORCE; dan menyusun SAR," katanya.

Narasumber Mardhayu Wulan Sari, S.Hum., M.A. dengan topik “Kurikulum dan Materi Kuliah” menjelaskan bahwa akreditasi internasional menitikkan beratkan pada kurikulum yang menargetkan keahlian mahasiswa di dalam pembelajarannya sehingga mahasiswa siap untuk menghadapi pasar kerja.

Ketua Prodi Sastra Indonesia FIB USU, Dr. Dwi Widayati, M.Hum., memberikan sertifikat secara simbolis kepada narasumber.
Selain itu, kurikulum program studi harus lebih menunjukkan keunggulannya masing-masing. Narasumber ketiga, Emma Marsella, S.S., M.Si. memaparkan materi tentang “RPS berbasis OBE”. RPS OBE berfokus pada capaian pembelajaran yang diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan,dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik.

Peserta yang berjumlah 143 orang terlihat antusias mengikuti seminar nasional tersebut. Beberapa peserta menggunakan kesempatan bertanya untuk berdiskusi kepada narasumber sehingga kegiatan berjalan dinamis. Kegiatan ditutup oleh Ketua Program Studi Sastra Indonesia, FIB USU Dr. Dwi Widayati, M.Hum.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi