Dosen USU Latih Penulisan Abstrak Karya Ilmiah

Dosen USU Latih Penulisan Abstrak Karya Ilmiah
Dosen USU latih penulisan abstrak karya ilmiah. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) di bawah bimbingan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU melakukan pengabdian masyarakat pada 3 September 2023 di Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (STAI-JM), Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. Deliana, M.Hum dan beranggotakan Dr. Nurlela, M.Hum, Rahmadsyah Rangkuti, MA.Ph. D, serta satu orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya USU.

Sasaran dari kegiatan ini ialah mahasiswa semester akhir yang sedang mengajukan proposal skripsi.

Pengabdian dibuka oleh ketua dengan memberikan penyuluhan terlebih dulu dilajutkan dengan memberikan pelatihan penulisan abstrak karya ilmiah pada mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura langkat dengan tujuan mereka dapat membuat abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Prof. Dr. Deliana, M.Hum selaku ketua memaparkan penulisan abstrak yang dianggap penting karena dalam satu karya ilmiah, abstrak yang pertama kali dibaca oleh pembaca atau penguji.

"Penulisan abstrak sering tidak memenuhi tahapan-tahapan penting yang harus dicantumkan, seperti tujuan penelitian, metode yang dipakai, hasil/ temuan, dan kesimpulan. Wujud abstrak dapat dikemas dengan apik dan menarik, sehingga pembaca dapat mengkonsumsi dan mengetahui tentang keseluruhan isi penelitian. Kegagalan membuat kesimpulan sering dialami oleh mahasiswa. Hal ini disebabkan, sulitnya membuat kesimpulan yang rasional yang mendukung temuan penelitian," ujarnya.

Pengabdian masyarakat dosen USU.
Menurutnya, pelatihan ini diharapkan agar mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura Langkat mampu membuat abstrak dari hasil penelitian mereka dengan singkat, jelas, dan terukur.

"Apalagi pelatihan yang sama belum pernah diselenggarakan oleh instansi manapun termasuk instansi pemerintah dan non pemerintah,” tambahnya.

Mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura Langkat yang mengikuti pelatihan ini sangat antusias, terlihat dari keseriusan dan semangat mereka dalam menyerap ilmu penulisan abstrak karya ilmiah yang benar selama pelatihan berlangsung.

Dr. Muhizar Muhtar, selaku Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (STAI-JM), Tanjung Pura, Kabupaten Langkat sangat mengapresiasi kegiatan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami dan saya berharap kegiatan ini akan terus berlanjut sehingga kesulitan penulisan abstrak pada skripsi bagi mahasiswa STAI-JM Langkat tidak menjadi permasalahan lagi,” pungkasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi