Konsumen di Medan Akui Rangka Motor Yamaha Terbukti Kuat dan Anti Patah

Konsumen di Medan Akui Rangka Motor Yamaha Terbukti Kuat dan Anti Patah
Rangka sepeda motor matic Yamaha dipamerkan di Irian Supermarket Marelan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Yamaha Fazzio dan Filano telah menjadi sorotan di pasar sepeda motor retro. Kehadirannya membawa varian Classy Series ini memukau banyak orang.

Namun, setelah berita tentang rangka sepedamotor patah yang menjadi viral, perhatian tidak hanya tertuju pada tampilan visualnya, melainkan juga pada rangka yang digunakan oleh Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Grand Filano Hybrid Connected.

Rangka adalah salah satu komponen kunci dalam sebuah sepeda motor. Pilihan rangka dapat memengaruhi kinerja, kekuatan, dan kestabilan motor. Untuk Yamaha tipe matic, Yamaha telah memilih untuk menggunakan rangka jenis underbone.

Underbone adalah sebutan untuk jenis rangka yang digunakan pada Yamaha tipe matic. Penting untuk dicatat bahwa "underbone" adalah istilah untuk jenis rangka, bukan nama rangka itu sendiri.
Rangka underbone memiliki ciri khas berbentuk melengkung di bagian bawahnya, dan salah satu keunggulannya adalah bobot yang ringan dibandingkan dengan rangka tulang punggung.

Akhirnya banyak yang mulai membandingkannya rangka sepedamotor matic Yamaha dengan motor merk lain. Dan rangka sepeda motor Yamaha varian matic pun menyedot perhatian konsumen saat dipamerkan di Irian Supermarket Marelan, Medan.

Salah satu konsumen motor pembeli Yamaha Fazzio di ajang pameran tersebut, Cahyono mengaku senang bisa melihat rangka motor Fazzio. "Saya apresiasi kebijakan memajang rangka ini," ujar pria yang akrab dipanggil Yono itu, Jumat (3/11).

"Saya sangat senang bisa melihat rangka Fazzio ini karena kebetulan saya juga mau beli unit Yamaha Fazzio," imbuhnya.

Menurut Cahyono, rangka Fazzio memang kuat dan kokoh. "Tadi sudah sempat meraba langsung, bahkan juga sempet saya ketok-ketok (pukul-pukul) pakai tangan. Suara yang dihasilkan saat diketok itu memberi sinyal bahwa nih rangka memang kokoh," imbuhnya.

Selain itu, Cahyono juga mengatakan, dirinya juga mengapresiasi Yamaha dalam menciptakan jalur pembuangan air dengan baik pada bagian dalam rangka.

"Tadi juga diinfokan sama sales. Selain kokoh, rangka ini katanya juga anti karat dan anti patah. Soalnya punya jalur pembuangan air dengan sebutan drainase yang baik. Saya lihat sendiri ketika dituangi sama air tadi. Memang top lah Yamaha," katanya.

Sementara itu, tim promosi PT Alfa Scorpii Jordan Naibaho mengatakan, kebijakan memajang rangka pada pameran sifatnya memang lebih ke arah edukasi informasi. "Kami tujuannya memasang rangka itu untuk mengedukasi konsumen. Bahwasanya rangka Yamaha itu tangguh, kuat dan kokoh," ujarnya.

"Jadi memang sifatnya menginformasikan. Bukan karena memanfaatkan momentum viralnya isu rangka," tandasnya.

Ecara terpisah, salah satu pengguna Yamaha Filano di Medan, Agus Rifki juga mengakui bahwa kuatnya rangka Filano memang benar adanya.

"Beberapa waktu lalu kan sempat ada ramai berita rangka patah, akhirnya saya khawatir, saya coba cek motor Filano saya, dan Alhamdullilah aman, tidak ada masalah, tidak ada bagian yang karatan juga," ungkap pria asal Medan Belawan itu.

Setiap harinya, Agus Rifki yang berprofesi sebagai nelayan itu kerap memanfaatkan Filano untuk membawa hasil tangkapan ikannya. "Sering saya pakai buat angkut ikan, dek kakinya kan kuas. Kadang juga area jok belakang saya kasik tambahan tas kain juga buat nambah kuota angkut ikan. Saya angkut ikan untuk saya setor ke TPI Belawan," katanya.

Garansi Lima Tahun

Dalam rangka menjamin mutu kualitas produk, Yamaha secara resmi memperpanjang masa garansi frame dari sebelumnya 1 tahun / 12.000 km menjadi 5 tahun / 50.000 km. Perpanjangan masa garansi ini berlaku untuk pembelian semua sepeda motor Yamaha jenis Matic per tanggal 1 Oktober 2023 hingga seterusnya.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh President Director & CEO PT YIMM, Dyonisius Beti dalam acara Press Conference & Factory Visit beberapa wakyu lalu, di Pabrik YIMM – West Java, Karawang.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, pada bulan Oktober ini kami berani membuat sebuah terobosan dalam bentuk program after sales, yaitu memperpanjang masa garansi frame sepeda motor Yamaha jenis Matic dari sebelunya 1 tahun menjadi 5 tahun," katanya.

Dengan begitu, konsumen Yamaha tidak perlu khawatir dengan mutu dan kualitas motor Yamaha. Seperti yang sudah disampaikan pada kunjungan pabrik sebelumnya, Yamaha sangat confidence dengan kualitas sepeda motor berlambang garpu tala.

Karena baik dari segi SDM yang membuat motor, pemilihan mutu bahan baku material, hingga proses produksinya, semua sudah bertsandar global. Ini adalah bukti komitmen kuat Yamaha untuk terus menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk.

Dan dengan berlakunya program extended warranty ini, Yamaha Indonesia menjadi satu-satunya brand otomotif yang berani memberikan masa garansi frame paling lama. Selain memperpanjang masa garansi frame hingga 5 tahun, saat ini Yamaha juga turut memberikan garansi dengan periode waktu yang beragam untuk beberapa komponen lain yang terdapat pada sepeda motor. Komponen-komponen tersebut meliputi komponen body, kelistrikan, dan juga mesin.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi