Gempa di Samosir, Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa di Samosir, Belum Ada Laporan Kerusakan
Peta gempa bumi di Samosir (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi dengan kekuatan M3.9 terjadi wilayah Samosir dan sekitarnya pada Sabtu (11/11) pagi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa berkekuatan M3.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.53° LU dan 98.71° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Samosir-Sumut pada kedalaman 2 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi jenis dangkal, akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen lokal," kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Hendro Nugroho.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di Kabupaten Samosir dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seperti ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ucapnya.

Dari pukul 07:33 WIB hingga 08:45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas Segmen Lokal dan sekitarnya sebanyak 6 kejadian.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Hendro.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi