Pedestarian Zona I USU Diresmikan, Rektor: Infrastruktur Bukan Hal yang Remeh

Pedestarian Zona I USU Diresmikan, Rektor: Infrastruktur Bukan Hal yang Remeh
Rektor USU saat meresmikan Pedestarian Zona I USU. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) resmikan Pedestrian USU Zona 1, Taman Al-Muslimun dan Taman Akasia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Taman Laboratorium UPT LAB Terpadu. Peresmian ini diselenggarakan di FMIPA, pada Kamis (25/01/2024).

Dalam peresmian pedestrian dan 3 (tiga) taman sebagai simbol dari komitmen untuk menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, hijau, teduh serta mendukung kegiatan akademis dan sosial. Peresmian ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi civitas akademika sehingga mampu meningkatkan produktivitas serta kualitas kinerja para pimpinan, staf dan mahasiswa.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si., mengatakan jika infrastruktur bukan sesuatu yang remeh, tetapi suatu hal yang bisa mendorong kinerja dan berinovasi sesuai target-target kerja. Ada dua kategori yang nantinya akan difokuskan, yaitu perbaikan di wilayah publik di sekitar USU dan di setiap fakultas.

“Ada dua kategori yang saya lakukan, yang pertama fasilitas yang bisa digunakan oleh banyak orang dan banyak pihak di Universitas Sumatera Utara ini. Lalu yang kedua, untuk gedung yang ada di setiap fakultas dan satker lain banyak yang belum dimanfaatkan, sehingga perlu dioptimalkan,” ujar Rektor USU.

Rektor USU juga mempersiapkan dalam kurun waktu tiga tahun akan membuat zona kawasan akademik dan non akademik. Dalam zona akademik akan difokuskan sebagai zona bebas emisi karbon dan zona ramah lingkungan.

“Saya mempersiapkan atau mencanangkan dalam waktu tiga tahun paling lama, mudah-mudahan kawasan akademik yang mau kita bagi, kawasan zona akademik dan kawasan zona non akademik. Kawasan non-akademik mulai dari di luar dari pintu 1 ke pintu 4,” tambahnya.

Dekan FMIPA USU, Prof. Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc., dengan peresmian taman ini akan digunakan sebagai tempat bagi para mahasiswa untuk berdiskusi dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

“Di sini ada tempat yang besar di sudut-sudut biasanya mereka berperan aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka pada sore hari,” jelas Dekan FMIPA.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi