Libatkan Caleg DPR RI, PMD Asahan Lakukan Pembekalan Terhadap Kadus

Libatkan Caleg DPR RI, PMD Asahan Lakukan Pembekalan Terhadap Kadus
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung memberikan pembekalan terhadap Kepala Dusun Se-Asahan di salah satu hotel di Kota Medan. (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Asahan melaksanakan pembekalan terhadap Kapala Dusun (Kadus) Se-kabupaten Asahan pada 24-27 Januari 2024 di Kota Medan. Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang juga calon legislatif dari Partai Golkar Sumut III hadir sebagai narasumber.

Kapala Bidang Pemerintah Desa, Didi membenarkan kegiatan pembekalan terhadap Kadus itu dilakukan di Medan berdasarkan permintaan para Kadus.

"Ia benar kita ada melakukan pembekalan terhadap Kadus dengan menghadirkan sejumlah narasumber seperti ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dari Polres Asahan," kata Didi di Kantor Bupati Asahan, Senin (29/1).

Lebih lanjut dia menerangkan, tujuan dihadirkan narasumber tidak lain hanya untuk memberikan pembekalan terhadap Kadus.

"Selama ini Kadus dari perwakilan desa yang ada di Kabupaten Asahan tidak pernah diberikan pemahaman terkait tupoksi mereka sebagai Kadus, maka dari itu kita berikan pembekalan," ujarnya.

Dia menyebutkan pembicara dari Polres menjelaskan tentang pemilu, agar warganya diajak ke TPS untuk menyalurkan suaranya.

"Kadus dihimbau untuk mengajak warganya ke TPS, dengan tujuan agar tingkat pemilih meningkat," ujarnya.

Kata Didi, Ahmad Doli dalam kegiatan itu menerangkan tentang undang-undang Desa.

"Dalam kegiatan itu, kami mengundang Ahmad Doli Kurnia Tandjung sebagai Ketua Komis II DPR RI untuk menerangkan undang-undang desa," ujarnya.

Dia membantah keras kegiatan tersebut bukan pengkondisian untuk memenangkan Capres maupun Caleg.

Disinggung mengenai anggaran kegiatan tersebut berasal dari mana, Didi menerangkan kegiatan bersumber dari APBD Asahan.

"Itu anggaran dinas PMD yang bersumber dari APBD Asahan, yang mana proses pencarian anggarannya berkoordinasi dengan Badan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Asahan," ujarnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi