PKB Optimis Raih 5 Kursi di DPRD Deliserdang

PKB Optimis Raih 5 Kursi di DPRD Deliserdang
Caleg petahana PKB Dapil VI, Rakhmadsyah, saat menghitung suara berdasarkan C1 di posko pemenangan (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Deliserdang - Berdasarkan C1 hasil data, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimis raih 5 kursi untuk duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten Deliserdang Pemilu 2024.

Peroleh tersebut yakni dari Dapil I, 1 kursi, Dapil II, 1 kursi, Dapil IV 1 kursi, Dapil V 1 kursi dan Dapil VI 1 kursi, bahkan bisa mendekati 2 kursi.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPC PKB Deliserdang, Rakhmadsyah, pada konferensi pers di Hotel Miyana, Minggu (18/2).

Kata dia, raihan ini prestasi yang cukup membanggakan, apalagi menilik dari sejarah Pemilu, PKB di DPRD Deliserdang sejak tahun 2009 hingga 2019 paling tinggi meraih 3 kursi.

“Untuk Dapil VI, hitungan C1 saat ini, yakni Caleg nomor 1 saya sendiri sudah memperoleh suara 8.891, Caleg nomor 2 Fikri Pulungan sudah memperoleh 3.151 suara, dan selebihnya Caleg-Caleg lain, tapi ini berdasarkan C1 yang ada sama kami, minus 5 Desa di Batangkuis, yakni Desa Masjid, Sidodadi, Bintang Meriah, Batangkuis Pekan dan Desa Sena. Keterlambatan ini karena kami terkendala saksi. Jadi Dapil VI sangat memungkinkan 2 kursi. Pada tahun 2019 jumlah keseluruhan suara PKB Dapil VI sebanyak 14.800 suara dan Pemilu kali ini sudah hampir 20 ribu,” tetangnya.

Lebih lanjut dikatakan Rakhmadsyah, tidak hanya tingkat kabupaten bahkan tingkat provinsi dan DPR RI PKB meraih kursi. Misalkan Dapil Sumut 1 DPR RI dari PKB meraih 1 kursi, yakni Ashari Tambunan, saat ini hitungan khusus Kabupaten Deliserdang 80.000 suara.

Untuk DPRD Provinsi Dapil Sumut 3 meraih 1 kursi antara Caleg atas nama Dewi dan Marajaksa Harahap, dan data di internal terus kejar-kejaran.

"Alhamdulillah perolehan PKB cukup signifikan, pecah telor kursi DPR RI Sumut 1 yang tidak pernah sama sekali kita peroleh, dan juga hal yang sama untuk DPRD Provinsi yang juga sama sekali tidak pernah kita peroleh," terang Rakhmadsyah yang saat ini sebagai pertahana Caleg DPRD PKB.

Menurutnya, naiknya suara PKB di Deliserdang serta Dapil lainnya karena pada pemilu tahun 2024 ini PKB punya 2 magnet. khusus Deliserdang, Magnet pertama, Ashari Tambunan, Bupati Deliserdang 2 periode yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI, dan magnet kedua Calon Wakil Presiden adalah Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

“Kami belum pernah merasakan Ketua Umum kami, khususnya di zaman saya ber-PKB menjadi Calon Presiden dan Wakil Presiden, baru kali inilah jadi timbul semangat itu," jelasnya.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat yang telah memercayakan suaranya pada PKB. Juga kepada seluruh pengurus yang memang kita tau kerja kerasnya sangat luar biasa.”

“Kami juga berpesan sebentar lagi akan dilaksanakan perhitungan suara di tingkat kecamatan, kami berharap untuk melancarkan, perhitungan suara ini menyarankan kepada panitia, baik di tingkat KPPS, PPK dan KPU untuk memperhatikan dengan serius tidak adanya jual beli suara, tidak adanya perpindahan suara karena hal-hal seperti inilah yang dapat menghambat, mengganggu kelancaran perhitungan suara,” sambungnya.

Kepada seluruh pengurus dan saksi yang sudah disiapkan diimbau tetap semangat dan menjaga suara PKB, apalagi menjelang penghitungan suara di kecamatan.

Perlu juga diketahui, untuk saksi penghitungan suara khusus Dapil VI sudah disiapkan. Untuk Kecamatan Percut Sei Tuan disiapkan 10 saksi, sementara di Batangkuis disiapkan 6 saksi.

"Semua ini sudah diberikan arahan tentang bagaimana pemindahan suara dan pengurangan, dan penambahan suara sudah diberikan pembekalan sampai pada tingkat honor juga sudah diberikan hingga makan sudah dihitung setiap hari,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi