RS Mitra Medika Premiere Medan Sukses Lakukan Operasi Bypass Jantung

RS Mitra Medika Premiere Medan Sukses Lakukan Operasi Bypass Jantung
RS Mitra Medika Premiere Medan Sukses Lakukan Operasi Bypass Jantung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Rumah Sakit Mitra Medika Premiere Medan kembali sukses melakukan tindakan bedah jantung atau bypass jantung. Operasi Bypass Jantung ini adalah yang ketiga kalinya sukses dilaksanakan. Hal ini menjadi kebanggaan bagi tim bedah jantung RS Mitra Medika Premiere Medan, khususnya Premiere Heart Centre.

Premiere Heart Centre merupakan pusat layanan jantung terpadu di RS Mitra Medika Premiere Medan yang memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Medan yang memerlukan layanan jantung dari mulai medical check up, terapi, dan juga tindakan tindakan lainnya. Seperti kateterisasi jantung hingga tindakan operasi bypass jantung ataupun bedah jantung lainnya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Dengan adanya sentra jantung ini, masyarakat Sumatera Utara tidak perlu lagi mengantre lama dan tidak harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan jantung yang berkualitas.

Direktur RS. Mitra Medika Premiere Medan, Dr. dr. Arifah Devi Fitriani, M.Kes menjelaskan tindakan bypass kali ini dilakukan pada seorang pasien laki-laki berusia 65 Tahun dengan angka kesuksesan 100 persen. Pasien memiliki riwayat hipertensi, diabetes melitus dan juga penyakit jantung dan sudah mengkonsumsi obat obatan selama 25 tahun.

“Semangat tinggi yang dirasakan pasien juga dirasakan oleh tim bedah jantung di RS. Mitra Medika Premiere. Sehingga tim bedah jantung juga siap untuk memberikan pelayanan dan tindakan terbaik bagi pasien,” ungkap dr Arifah, Selasa (5/3).

Pada serangkaian pemeriksaan yang dilakukan memberikan hasil jika tindakan yang terbaik adalah bypass jantung. Selanjutnya dilakukan berbagai persiapan dan juga konfrensi bedah (surgery conference) yang melibatkan beberapa tim dokter seperti dokter spesialis bedah jantung dr. Maulidya Ayudika Dandanah, Sp. BTKV (K) FIHA, dokter spesialis jantung dr. Faisal Habib, Sp. JP, Subspe-I.K.K.V (K) FIHA, FAPSC, dan juga dokter spesialis anestesi jantung dr. Qodri Fauzi Tanjung, Sp.An, KAKV. Lalu diputuskan langkah terbaik untuk pasien adalah dilakukannya tindakan bypass jantung.

dr. Maulidya Ayudika Dandanah, Sp. BTKV (K) FIHA melakukan tindakan CABG, dibantu oleh tim terbaik dari mulai penata anestesi dan juga perawat yang andal dan berpengalaman. Prosedur tindakan CABG dilakukan diruang operasi khusus bedah jantung yang dilengkapi dengan peralatan yang canggih.

Prosedur CABG sendiri adalah pembuatan jalur baru atau bypass disekitar arteri koroner yang tersumbat akibat penumpukan plak. Jalur baru ini akan membuat aliran darah ke organ jantung menjadi lancar. Kondisi ini akan membuat sel-sel pada jantung mendapatkan oksigen yang cukup. Operasi bypass jantung dilakukan pada pasien yang sudah tidak bisa lagi ditangani dengan obat-obatan ataupun pemasangan stent jantung.

Menurut dr. Maulidya Ayudika Dandanah, Sp. BTKV (K) FIHA ada kriteria tertentu pasien yang perlu menjalani tindakan bypass, jadi tidak semua pasien jantung harus dan bisa dilakukan tindakan bypass.

Secara umum tindakan bypass jantung berlangsung selama 4-7 jam tergantung dari berapa jumlah pembuluh darah yang akan diperbaiki.

Tindakan ini dapat dilakukan menggunakan metode on pump menggunakan heart lung machine(dengan alat mesin jantung paru) dimana selama tindakan fungsi sirkulasi tubuh akan digantikan oleh heart lung machine tersebut, atau dengan metode lainnya yaitu metode off pump (tanpa alat mesin jantung paru).

Setelah aliran darah di jantung diperbaiki, jantung pasien akan diberikan alat kejut jantung agar dapat melakukan fungsinya memompa darah kembali. Langkah terakhir adalah tulang dada dan juga kulit yang telah dilakukan pembedahan disatukan kembali.

Setelah tindakan CABG sukses dilakukan, selanjutnya Pasien akan menjalani proses pemulihan dan rehabilitasi dengan dr. Wan Fadhlun Nisa, Sp. KFR, AIFO-K di rumah sakit selama kurang lebih 7 hari. Tim bedah jantung RS. Mitra Medika Premiere Medan yakin ketepatan diagnosa, pengobatan, perawatan dan rehabilitasi pasca operasi, serta semangat pasien yang tinggi akan sangat mempengaruhi proses pemulihannya.

Mobilisasi dini dan program rehabilitasi medik yang terpadu dengan perawatan pasien mempunyai andil dalam mempercepat pemulihan pasien pasca operasi.

Operasi bypass jantung ini sangat penting dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. angka mortalitas dan morbiditas penyakit jantung koroner yang cukup tinggi ini yang membuat RS. Mitra Medika Premiere semakin berusaha memberikan pelayanan terbaik terutama layanan kardiovaskular.

Sebagai salah satu pusat layanan jantung dikota Medan dilengkapi dengan fasilitas yang canggih dengan tim bedah jantung terbaik yang berpengalaman di bidangnya, Premiere Heart Centre RS. Mitra Medika Premiere Medan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan layanan jantung terpadu.

“Diharapkan kesuksesan tindakan bypass jantung ketiga ini akan terus berlanjut untuk kasus-kasus operasi jantung berikutnya. Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat, sehingga operasi ini dapat terlaksana dengan hasil yang baik," pungkas dr. Arifah.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi