Persatuan Wanita Kristen-Pengusaha Muslimah Bersinergi Bangkitkan Perekonomian Sumut

Persatuan Wanita Kristen-Pengusaha Muslimah Bersinergi Bangkitkan Perekonomian Sumut
Persatuan Wanita Kristen-Pengusaha Muslimah Bersinergi Bangkitkan Perekonomian Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Sumatera Utara menjalin sinergi dengan Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (DPW IPEMI) Sumatera Utara (Sumut).

Sinergitas yang dilakukan kedua organisasi besar ini akan menggelar kegiatan Senam Ceria dengan tema 'Perempuan Sehat Keluarga Bahagia' di Lapangan Benteng Medan pada Sabtu (9/4) pukul 06.30 WIB.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PWKI dan menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H akan berlangsung terbuka untuk umum.

Ketua DPW IPEMI Sumut, Yulidar Bugis, didampingi Ketua DPD PWKI Sumut, Veronika Sitanggang dan Ketua Panitia Acara Senam Ceria, Minar Pakpahan, mengatakan sinergi yang dilakukan DPW IPEMI dan PWKI Sumatera Utara untuk menjalin kerja sama dalam memperkuat rasa kebangsaan dan nasionalisme.

"Selama ini belum ada sinergi antara Muslimah dan Wanita Nasrani di Sumut, terkhusus di Kota Medan. Ini merupakan kali pertamanya kolaborasi tersebut, agar masyarakat tahu bahwa antara Muslim dan Nasrani dapat bersinergi, terutama untuk terkait dalam meningkatkan perekonomian," kata Yulidar Bugis, kepada wartawan di Jalan RA Kartini Medan, Kamis (7/3).

Yulildar menuturkan acara ini kegiatan yang dilakukan kedua organisasi ini tidak ada unsur politik baik itu Pilpres ataupun Pilkada nanti.

"Ini murni sebuah kegiatan sosial untuk masyarakat. Ke depan tentunya kolaborasi ke arah ekonomi, seperti kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sekaligus berbagi ilmu dan pengetahuan terkait perekonomian," ujarnya.

Yulidar mengaku pihaknya terpanggil untuk menggelar temu pers karena flyer untuk kegiatan senam ceria ini, sempat menyebar ke ibu-ibu pengajian. Ada sebagian yang bertanya terkait kegiatan itu hingga flyernya dihentikan.

"Acara ini bukan untuk kegiatan tertentu. Ini murni bertujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat Sumut, apalagi anggota-anggota di IPEMI dan PWKI adalah para pengusaha perempuan. Inilah tujuan acara ini. Sekaligus juga untuk memajukan anggota kita," tegasnya.

Ketua Panitia Acara Senam Ceria, Minar Pakpahan menambahkan, sebanyak dua ribuan peserta akan ikut memeriahkan acara ini.

"Bahkan kita juga akan mengajak masyarakat yang sedang berolah raga secara umum di sana. Selain itu, kita juga menggelar donor darah, bazar dan doorprize berupa uang tunai dan hadiah lainnya," ungkapnya.

Ketua DPD PWKI Sumut, Veronika Sitanggang menjelaskan, sinergi ini karena adanya suatu keberhasilan untuk melakukan segala bentuk aktivitas. Apalagi, dirinya baru saja dilantik sebagai ketua PWKI Sumut.

"Baru seminggu kami membentuk sinergi ini, dan baru dua hari ini kita bergerak mempersiapkan kegiatannya, baik dari segi prosesnya hingga kepengurusan izin acaranya, dan ini sangat luar biasa. Sinergi ini juga untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan, tentu dalam konteks membangun perempuan harus dengan wanita tangguh, terutama dalam meningkatkan petekonomian. Apalagi di Sumut inikan majemuk masyarakat," jelasnya.

Dalam membangun perempuan, lanjut Veronika, haruslah dari kaum perempuan, jangan melihat dari suku, agamanya dan siapa dia.

"Yang penting kita melakukannya dari hati dan dapat membangunnya dengan baik," ungkapnya.

(WITA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi