30 Anak dan Keluarga Stunting Dapat Tambahan Asupan Makanan

30 Anak dan Keluarga Stunting Dapat Tambahan Asupan Makanan
30 Anak dan Keluarga Stunting Dapat Tambahan Asupan Makanan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padanglawas - Sebanyak 30 anak berpotensi stunting dan keluarga berisiko stunting mendapat tambahan asupan makanan melalui bapak asuh anak stunting dari Badan Amil Zakat ( Baznas) Padanglawas di aula Kantor Bupati Padanglawas.

Bupati Padanglawas, Edy Junaedi Harahap, menyampaikan bahwa jumlah penerima manfaat di Padanglawas tahap pertama bantuan 3 tahap kepada 30 anak stunting.

Bantuan ini, kata Edy Junaedi, adalah bentuk kepedulian Pemerintah Padanglawas terhadap Anak Stunting dan Keluarga Beresiko Stunting. Dengan harapan jadilah orang tua yang paham terhadap pola asuh yang baik, serta aktif hadir ketika pelayanan Posyandu.

"Pastikan tumbuh kembang anak sesuai umurnya dan menjadi penggerak cegah stunting di desanya," kata Edy, Kamis (4/4).

Dari 30 anak tersebut berasal dari Kecamatan Barumun 5 anak, Kecamatan Barumun Selatan 10 anak, Kecamatan Ulu Barumun 8 anak, dan Kecamatan Lubuk Barumun 7 anak.

Kondisi anak stunting di Padanglawas, Balita diukur 19.346 anak, terdapat jumlah anak stunting 1.223 dengan 6,32%. Hasil ini berdasarkan pengukuran Agustus 2023.

Kemudian kondisi keluarga beresiko stunting 26.097 Keluarga Beresiko Stunting (KRS). Dominan permasalahan Jamban Tidak Layak 10.520 Keluarga dan Ibu hamil terlalu banyak 16.473 jiwa. Dilakukan Intervensi Sensitive agar tidak melahirkan anak stanting baru.

Ke depan, kata Edy, akan dilakukan intervensi spesifik bagi seluruh annak stunting, PMT Lokal 90 Hari melalui Dinas Kesehatan. Kemudian tahun ini ada berapa yang harus diberikan solusi.

"Jadi jangan sampai kita terlena. Maksudnya tidak hanya mengendalikan dari pihak lain dari sektor dunia usaha, kita juga ingin memastikan bahwa dari pemerintah langsung akan memberikan hal yang sama," sebut Edy.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi