Rasio Kepemilikan Kendaraan Roda 4 Masih Rendah, Industri Otomotif Berpeluang Tumbuh

Rasio Kepemilikan Kendaraan Roda 4 Masih Rendah, Industri Otomotif Berpeluang Tumbuh
Rasio Kepemilikan Kendaraan Roda 4 Masih Rendah, Industri Otomotif Berpeluang Tumbuh (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Indonesia menjadi negara yang memiliki potensi besar dalam market industri otomotif. Sebab, suatu negara dinilai punya potensi dihitung dari rasio kepemilikan kendaraan dan dihitung dari per 1.000 orang.

Industri otomotif nasional memiliki peluang untuk terus bertumbuh karena memiliki potensi besar dengan rasio kepemilikan kendaraan yang masih rendah.

Dibandingkan negara ASEAN lainnya, Indonesia di bawah 100 orang kepemilikan sedangkan negara lain bisa berkali lipat dalam kepemilikan kendaraan roda empat.

"Jadi rasio kepemilikan mobil masyarakat Indonesia itu masih kecil. Artinya di Indonesia ini belum terlalu banyak kepemilikan mobil, sehingga kita melihat peluang serta menjadikan potensi yang besar untuk pasar Indonesia," kata Chief Executive Officer, Citroën Indonesia, Tan Kim Piauw, di Medan, Rabu (8/5).

Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya Kota Medan dinilai merupakan suatu daerah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif yang dapat diandalkan.

Sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia, masyarakatnya dianggap ideal dalam menggunakan kendaraan jenis SUV yang sesuai dengan perpaduan gaya urban dan mewah serta performa tangguh, sehingga dapat menjadi teman ideal bagi masyarakat di Medan dalam menjalani keseharian serta petualangan khas gaya hidup dinamis.

Dalam targetnya, kata Tan Kim Piauw, pihaknya diawal tidak mengejar angka, melainkan memberikan pengalaman untuk bisa menikmati mobil dengan tingkat kenyamanan.

"Jadi edukasi ini yang akan kami lakukan sehingga di pameran maupun showroom kita menyediakan 'Kenyamanan Terbaik di Kelasnya'. Kehadiran The All-New C3 Aircross SUV untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang mendambakan SUV 7 penumpang dengan desain agresif, sarat teknologi, namun tetap mengedepankan faktor kenyamanan," ungkapnya.

Tan Kim menambahkan, Medan salah satu kota dengan jumlah penjualan otomotif yang sangat besar setelah Jakarta, Jabodetabek dan Surabaya Kota-kota ini yang memiliki angka penjualan otomotif yang besar di Indonesia.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi mobilitas cerdas dengan desain atraktif yang akan semakin memanjakan masyarakat Indonesia dalam bermobilitas sehari-hari.

“Masyarakat di Indonesia menghadapi berbagai tantangan setiap hari, mulai dari melewati lalu lintas yang padat, berbagi waktu untuk karir dan keluarga, dan juga memastikan perjalanan yang nyaman dan aman ketika berakhir pekan bersama keluarga," ungkapnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi