Bosan, 2 ART Curi Uang Rp 20 Juta, Digunakan Beli Perhiasan

Bosan, 2 ART Curi Uang Rp 20 Juta, Digunakan Beli Perhiasan
Satuan Reserse dan Kriminal Polres Dairi menangkap 2 orang pencuri uang di rumah dr Eben Manalu di Sidikalang. (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Kasus pencurian uang menimpa keluarga dr Eben Manalu (43), dokter spesialis di RSUD Sidikalang Kabupaten Dairi. Uangnya senilai Rp 20 juta dilarikan 2 orang dari kediamannya di Jalan Pemuda Sidikalang Kabupaten Dairi, Sabtu (18/5).

Kasat Reskrim Polres Dairi, Meetson Sitepu, menjelaskan dua tersangka ditangkap dalam pelarian di Kota Medan pada Rabu (22/5). Mereka merupakan asisten di rumah Eben.

Kedua tersangka yaitu DM (40), warga Kecamatan Tanah Pinem, yang sehari-hari bertugas sebagai asisten rumah tangga dan NS (21) Kecamatan Percut Sei Tuan sebagai perawat bayi.

Pencurian diketahui dan dilapor, Senin (20/5). Saat itu, Eben dan istrinya dr Lidya Siburian (45) sibuk memberi pelayanan kesehatan. Di rumah tersebut hanya ada orang tua korban, Rukiah Dame Aritonang (78) dan 2 anak masih kecil bersama DM dan NS.

"Pengakuan tersangka, keduanya sudah bosan di sana dan berniat melarikan diri," ucap Meetson, Minggu (26/5).

Meetson lanjut menjelaskan, awalnya, NS memberitahukan kepada DM bahwa di lemari di kamar pemilik rumah ada uang Rp 20 juta. Selanjutnya, DM mengambilnya pakai kunci, sedang NS berjaga di pintu.

Setelah uang digenggam, mereka kabur dengan mengunci rumah. Keduanya ke Medan menumpang angkot. Tersangka ditangkap ketika membeli obat di Jalan William Iskandar, Medan.

“Uang dipakai buat foya-foya”, kata Meetson.

Dari hasil introgasi, uang dimanfaatkan membeli perhiasan, ponsel dan beberapa pakaian.

“Barang bukti ponsel dan lainnya telah diamankan”, kata Meetson.

Eben belum memberi keterangan tambahan terkait kasus menimpanya. Belum diketahui, sudah berapa lama keduanya bekerja untuk keluarga.

(SSR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi