PTPN IV PalmCo Regional 1 Latih 30 UMKM dan Kunjungi 2 UKM di Medan

PTPN IV PalmCo Regional 1 Latih 30 UMKM dan Kunjungi 2 UKM di Medan
PTPN IV PalmCo Regional 1 Latih 30 UMKM dan Kunjungi 2 UKM di Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 30 mitra binaan dengan jenis usaha pertanian, perdagangan dan jasa yang memperoleh pinjaman dana bergulir dari PT Perkebunan Nusantara IV Regional 1 melakukan pelatihan selama dua hari di Aula Bagian Umum, Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan pada Selasa-Rabu (4-5/6).

Pelatihan di hari pertama menghadirkan Dr. Iman Arman, memaparkan materi tentang strategi pemasaran, dilanjutkan Makruf Wicaksono, tentang digitalisasi kewirausahaan. Keduanya adalah pengajar dari Politeknik Pengembangan Pertanian. Sedangkan pembicara ketiga yakni praktisi dan mantan pengajar utama di LPP Medan Drs. Agus Deni Sukanda, yang memaparkan mengenai kemitraan usaha.

Dalam sambutannya, Christian Orchard Perangin-angin, Kepala Bagian Sekretariat dan Hukum mewakili perusahaan yang dibacakan oleh Fauzan, Kepala Sub Bagian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan mengatakan bahwa pelatihan menjadi program yang berkelanjutan sehingga seluruh mitra binaan dapat menambah wawasan yang berguna untuk usaha yang dijalankan.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan dan studi banding ini dapat menjadikan mitra binaan berkemampuan tangguh dan mandiri dan dapat menumbuh kembangkan kegiatan ekonomi kerakyatan khususnya kepada usaha kecil sehingga diperlukan pelatihan dan studi banding terhadap mitra binaan PTPN IV Regional I.

Di hari kedua para peserta mengunjungi mitra binaa yang dianggap berhasil yakni UKM Pondok Kue Nabila yang bergerak di bidang kuliner beralamat Jalan Karya Kasih No. 81 Medan Johor dan Usaha Dian Aquatik Indonesia 2 yang bergerak di bidang perikanan beralamat Jalan Bunga Kardiol No. 49 Medan Tuntungan.

Maria Hutagalung, Asisten Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa para mitra binaan yang mengikuti pelatihan kali ini terdiri dari mitra binaan eksisting maupun mitra binaan hasil kolaborasi dengan BRI.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi