Program Edukasi Tim Dosen Unimed di Yayasan PKBM Khalilah Insan Madani: Pembuatan Sabun Padat dari Minyak Jelantah

Program Edukasi Tim Dosen Unimed di Yayasan PKBM Khalilah Insan Madani:   Pembuatan Sabun Padat dari Minyak Jelantah
Program Edukasi Tim Dosen Unimed di Yayasan PKBM Khalilah Insan Madani. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebagai bentuk kontribusi keilmuan, Tim Dosen Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan edukasi pembuatan sabun padat dengan pemanfaatan minyak jelantah menggunakan biochar dari biomassa sebagai bahan penjernih minyak jelantah.

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Ricky Andi Syahputra, S.Pd., M.Sc, juga Sekretaris LPPM Unimed dengan tim Dr. Ani Sutiani, M.Si (Dekan FMIPA Unimed), Drs. Pasar Maulim Silitonga, dan Serimawarni.

Dilaksanakan Sabtu (1/6) Jalan Pendidikan No. 3, Glugur Darat I, Medan Timur, Medan. Program ini merupakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Unimed.

Yenni selaku Kepala PKBM Khalilah PKBM Khalilah Medan mengatakan lembaga yang mengusung konsep Fitrah Based Education dan bergerak sebagai institusi pendidikan non formal. Sekolah Fitrah Khalilah Insan Madani berada di bawah naungan Yayasan Khalilah Insan Madani. Dalam meningkatkan dan menyeimbangan pendidikan formal dengan pendidikan formal di sekolah yang umum, Yayasan Khalilah selalu meningkatkan kompetensi guru-gurunya melalui pelatihan-pelatihan dengan para pembimbing akademik di Kota Medan.

“PKBM Khalilah memiliki program mengumpulkan minyak jelantah di setiap rumah siswanya sebagai cara untuk meminimalisir limbah rumah tangga. Kegiatan baik ini dapat menjadi modal dalam meningkatkan nilai ekonomis dari minyak jelantah. Mengingat pemakaian minyak jelantah ini dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sabun,” ujar Yenni.

Meskipun begitu, ada beberapa permasalahan yang dihadapi kelompok guru dan peserta didik di PKBM Khalilah Insan Madani Medan yaitu kurangnya pengetahuan tentang penyaringan minyak jelantah, pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan baku pembuatan sabun padat, dan pemahaman tentang manajemen usaha sejak dini dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, guru-guru juga memiliki keterbatasan dalam mendesain kemasan produk dan alat penyaringan minyak jelantah.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi seluruh anggotanya dan menjadi tempat berlatih para guru dan siswa yang ingin menerapkan kebiasaan di rumah menjadi kebiasaan yang baik didalam kelas sehingga dapat meningkatnya wawasan, income generate dan mengahasilkan produk pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai model pembelajaran yang baru di mitra” ujar Ricky sebagai ketua kegiatan.

“Kami sangat berterimakasih kepada tim Dosen Unimed atas kunjungannya ke Lembaga kami. Melalui kegiatan hari ini kami lebih termotivasi untuk memperbaiki diri khususnya dalam bidang pembelajaran di kelas berikutnya” ujar Yenni selaku Kepala PKBM Khalilah.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi