Desainer Medan Yuni Pohan Pamer Rancangannya di IFCO Istanbul Turki

Desainer Medan Yuni Pohan Pamer Rancangannya di IFCO Istanbul Turki
Desainer Medan Yuni Pohan Pamer Rancangannya di IFCO Istanbul Turki (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Desainer busana Medan, Yuni Afrida Pohan baru-baru ini memamerkan koleksi ready to wear hasil karyanya di event IFCO - Istanbul Fashion Connection Turki.

IFCO merupakan bagian dari acara Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) yang diadakan di Istanbul, Turki 7-9 Agustus 2024.

Yuni Pohan terpilih menampilkan rancangannya oleh Bank Indonesia (BI) selaku penyelengggara event B to B ini. Yuni Pohan dipilih setelah lulus kurasi diikuti 500 anggota Ikra BI.

Wanita kelahiran Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan (Tapsel) yang juga pemilik Yapmode Fashion School di Jalan Letda Sujono Medan ini merupakan satu-satunya wakil Sumatera Utara (Sumut).

Ada tujuh desainer yang ikut yaitu dari Sumut, Surabaya, Bandung, Kepulauan Riau (Kepri), Yogyakarta, Jakarta dan Aceh. Tercatat 121 negara, 300 exhibitor dan 17925 visitors berpartisipasi dalam event IN2MF tersebut.

Pada IFCO tersebut, Yuni menampilkan rancangan bertema Shilos (Shibori dan Ulos). "Filosofinya mengangkat ulos Udan-udan dari Tapanuli Utara (Taput) dan Shibori dari Humbang Hasundutan (Humbahas), keduanya kabupaten di Sumut," jelas Yuni Pohan.

Memamerkan karya rancangannya untuk pertama kali di ajang internasional Yuni mengaku membuatnya gembira dan berbesar hati karena keinginan itu telah lama menjadi obsesi Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia (APPMI) Sumut ini.

Sebelumya, Yuni Pohan juga sudah empat kali berpartisipasi dalam Indonesia Fashion Week (IFW). Terakhir IFW 2024 yang berlangsung di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC) 27 Maret 2024.

Bagaimana kesan Yuni akhirnya mewujudkan impiannya tampil di luar negeri?

"Kesempatan ini sangat penting karena berperan mengembangkan dan meningkatkan usaha saya yang sudah terjun ke ready to wear. Apalagi mengingat proses kurasi yang begitu panjang untuk bisa ikut sejak Februari 2024 di Jakarta," ungkapnya.

Untuk diketahui, selama berlangsungnya event IN2MF, penjualan dan pemesanan mencapai 3.000 US Dollar berasal dari buyer Arab Saudi, Turki dan Amerika Serikat.

(HEN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi