Dosen USU Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Debat di SMKS Budhi Darma Indrapura Batubara

Dosen USU Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Debat di SMKS Budhi Darma Indrapura Batubara
Dosen USU Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Debat di SMKS Budhi Darma Indrapura Batubara. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadail.com, Batubara - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan pencapaian SDGs Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPPM) USU yang termasuk pada tujuan 4 yaitu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, dengan melaksanakan pelatihan peningkatan keterampilan berbahasa Inggris melalui aktivitas debat dilaksanakan di SMKS Budhi Darma Indrapura yang berjarak 105 km dari Universitas Sumatera Utara.

Kegiatan pengabdian ini diketuai Prof. Dr. Deliana, M.Hum yang merupakan Dosen Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, dengan Anggota Tim yakni Dr. Dra. Nurlela, M.Hum dan Ely Hayati Nasution, S.S., M.Si.

"Debat adalah diskusi formal mengenai topik tertentu yang di dalamnya menggunakan argumen-argumen yang berlawanan," ujar Prof. Dr. Deliana.

Ia menjelaskan melalui aktivitas debat dapat menawarkan banyak manfaat bagi siswa, seperti meningkatkan kefasihan dan keakuratan mereka dalam bahasa Inggris, memperluas pengetahuan dan vokabulari mereka tentang berbagai topik, mengembang keterampilan berpikir kritis, mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi, serta merangsang minat dan motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris.

Pemaparan materi oleh Dosen USU terkait keterampilan berbahasa Inggris.
"Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh siswa untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris disebabkan oleh aspek psikologis seperti timbul rasa malu, takut membuat kesalahan dalam pengucapan dan hilangnya rasa kepercayaan diri," katanya.

Hal ini disebabkan mayoritas kegiatan di kelas lebih ditekankan pada kegiatan menulis, membaca dan mendengar saja sehingga untuk berbicara dalam bahasa dengan baik dan benar menjadi kendala bagi mereka.

Prof. Deliana mengatakan, tujuan kegiatan program PKM ialah untuk melatih siswa meningkatkan berbicara dalam bahasa Inggris melalui aktivitas debat agar mereka mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar serta meningkatkan minat mereka untuk belajar bahasa Inggris.

"Metode pendekatan yang digunakan menjalin kerjasama dengan mitra, Pemerintah dan guru bahasa Inggris SMKS Budi Darma Indrapura dengan kegiatan pelatihan dan metode pendampingan untuk peningkatan keterampilan berbahasa Inggris melalui aktivitas debat," ujarnya.

Setelah pemaparan materi oleh ketua tim Prof. Deliana berupa penjelasan pengertian English Debate, manfaat, persiapan yang dibutuhkan, pengaturan english debate, serta bagaimana prosedur English debate itu sendiri, dilanjutkan sesi tanya jawab dari siswa dan guru, dan melakukan pelatihan langsung, dapat disimpulkan bahwasanya siswa dan mitra sekolah sangat berantusias mengikuti pelatihan tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan adanya permintaan dari mitra untuk melakukan pelatihan serupa dalam waktu yang telah disepakati oleh tim PKM dan mitra.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi