Dukung Pencegahan Stunting di Deliserdang Melalui Bantuan Makanan Bergizi

Dukung Pencegahan Stunting di Deliserdang Melalui Bantuan Makanan Bergizi
Dukung Pencegahan Stunting di Deliserdang Melalui Bantuan Makanan Bergizi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Guna menekan angka stunting di Kabupaten Deliserdang, melalui program kemitraan coorporate social responsibility (CSR) Bank Sumut menyerahkan bantuan makanan tambahan suplemen albumin dan susu kepada anak stunting, Kamis (3/10).

Bantuan itu disalurkan melalui Dinas Kesehatan Deliserdang. Tujuannya demi efektivitas dan mempercepat penurunan angka stunting pada penerima manfaat di wilayah yang telah ditentukan.

Pj Bupati Deliserdang Wiriya Alrahman bertekad, stunting wajib hilang dari kabupaten itu. Sebab stunting berpengaruh terhadap masa depan anak. Apalagi, Indonesia Emas 2045 merupakan tujuan yang harus dicapai. Anak-anak dan remaja saat inilah, yang kelak akan menjadi penggerak bangsa.

"Kita semua bertanggungjawab menghilangkan stunting ini dan jangan sekadar angka-angka yang turun, tetapi wajib hilang," tegasnya.

Dia juga mengajak jajarannya untuk memberikan layanan kesehatan yang prima. "Ini adalah tanggungjawab kita bersama dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Caranya melalui perbaikan gizi," katanya.

Di tempat sama, Plt Kadis Kesehatan Deliserdang Khoirum Rizal menjelaskan, pemberian makanan tambahan kepada anak stunting berupa suplemen albumin dan susu itu, selain untuk mengurangi angka stunting, juga meningkatkan status gizi anak yang akan terus dimonitor perkembangannya secara berkala.

Dijelaskan, di Deliserdang awalnya tercatat 570 anak berstatus stunting dan pada Juli lalu menurunan tinggal 430 orang saja.

"Penurunan ini dilakukan intervensi secara besar-besaran dan tepat sasaran bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)," papar Khoirum.

Perkembangan terakhir dari Juli ke Agustus, lanjutnya, kembali menurun pada angka stunting 385 orang. Sedangkan pada September, kembali berkurang dan hanya tinggal 352 orang.

Dari 352 orang inilah, 76 orang di antaranya mendapat bantuan CSR Bank Sumut, berupa pemberian makanan tambahan suplemen albumin dan susu yang tersebar di 20 Puskesmas.

Di hadapan Pelaksana Sekretaris Perusahaan Bank Sumut Abdul Hamid, Kacab Bank Sumut Lubukpakam Nuzuar, pada kepada OPD, dan lainnya, Khoirum juga mengatakan jika program kemitraan CSR Bank Sumut ini sangat membantu percepatan penuntasan angka stunting di kabupaten itu.

Dia berharap, program tersebut bisa berkelanjutan dan dievaluasi agar cakupan penerimaan manfaat lebih luas dan memberi dampak lebih besar kepada peningkatan status gizi anak.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi