Edukasi Tsunami Melalui Nonton Bareng Ala Komunitas Film Trieng

Edukasi Tsunami Melalui Nonton Bareng Ala Komunitas Film Trieng
Komunitas Film Trieng (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Banda Aceh) - Memperingati 15 tahun tragedi gempa dan tsunami 26 Desember 2004 silam, Komunitas Film Trieng (KFT) menggelar pemutaran film di Aula Tarbiyah B UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Pada kegiatan Desember To Remember tahun ini, KFT mengusung tema ‘Takeunang Yang Kaleupah, Tajaga Yang Na Sajan’. Kegiatan yang akrab disebut dengan kegiatan Desember To Remember ini merupakan agenda tahunan KFT.

Ketua Panitia, T. M. Isra mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenang serta membangun rasa siaga akan bencana dahsyat tsunami yang pernah melanda wilayah Aceh, khususnya.

“Tujuan kami membuat acara ini untuk mengingat, merenungi, serta lebih siaga terhadap bencana alam yang menimpa Aceh kala itu,” kata Isra, Sabtu (28/12).

Hal senada juga disampaikan Refanda Akbar selaku ketua KFT. Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mengingat tragedi yang mengundang duka luar biasa bagi masyarakat Aceh.

“Kegiatan ini kami adakan dengan tujuan mengingat kembali kesedihan yang pernah dialami oleh saudara kita ketika musibah gempa dan tsunami,” ujarnya.

Pada kegiatan ini ada tiga film yang diputarkan, yakni film Asa Masa, Sebatas Surat Kabar, serta tayang perdana, film Konsonan. Film-film tersebut berceritakan tentang kedahsyatan gempa dan tsunami.

RKegiatan ini diadakan dengan tujuan menjadikan film sebagai media dalam menyampaikan hikmah akan suatu tragedi serta memberikan edukasi tentang mitigasi bencana.

Pemutaran film mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari para penikmat film di Banda Aceh. Kegiatan tersebut juga dihadiri mahasiswa, para komunitas film, dan sineas Banda Aceh.

(RZD)

Baca Juga