Hastag Parasite dan Director Bong Joon ho Populer di Korea

Hastag Parasite dan Director Bong Joon ho Populer di Korea
Orang-orang menonton TV yang menyiarkan laporan berita tentang sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon-ho yang memenangkan empat Piala Oscar dari filmnya, 'Parasite' di Seoul, Korea Selatan, 10 Februari 2020. (REUTERS/Heo Ran)

Analisadaily.com, Los Angeles - Media sosial Korea Selatan ramai membicarakan perayaan film ‘Parasite’ yang menjadi film berbahasa non-Inggris pertama memenangkan penghargaan Best Picture, di Academy Awards 2020 di Los Angeles, Senin (10/2).

Sutradara ‘Parasite’, Bong Joon-ho mengatakan, dia merasa terhormat untuk dianugerahi Best Original Screenplay, Oscar pertama untuk industri film besar Korea Selatan.

Tetapi seiring berlalunya malam, film ini juga keluar di atas kategori yang semakin bergengsi, termasuk penghargaan Film Fitur Internasional, Sutradara Terbaik untuk Bong, dan penghargaan teratas, Film Terbaik.

"Saya siap minum malam ini," canda Bong, setelah mengucapkan terima kasih kepada para pemain dan stafnya selama pidato penerimaan untuk penghargaan Film Fitur Internasional dilansir dari Reuters.

Produser eksekutif Kwak Sin-ae, tidak bisa berkata apa-apa" setelah film tersebut memenangkan Best Picture.

Akan tetapi, keberhasilan itu disambut gembira warga Korea Selatan, termasuk dengan membuat Hashtags Parasite dan DirectorBongJoonho, yang kini paling populer di Twitter Korea Selatan.

Film ‘Parasite’ sebuah satiris tentang kesenjangan besar antara si kaya dan si miskin di Korea Selatan, mendapatkan nominasi untuk film terbaik, sutradara terbaik, dan desain produksi terbaik, di samping skenario film terbaik dan nominasi fitur internasional terbaik.

"Sama seperti BTS memiliki daya tarik populer dengan melemparkan masalah-masalah yang dilalui pemuda di mana-mana di dunia, 'Parasite' memperoleh pemahaman global dengan menunjukkan masalah kesenjangan antara si kaya dan si miskin," kata kritikus budaya pop, Kim Hern-sik, merujuk pada grup K-pop yang telah menemukan kesuksesan luas di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Sementara industri film Korea Selatan adalah salah satu yang terbesar di dunia, ‘Parasite’ berbahasa Korea membuat gelombang yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar internasional.

Setelah nominasi diumumkan pada Januari, Bong mengatakan, dia melihatnya sebagai tanda, bahwa bahasa tidak lagi menjadi penghalang bagi kesuksesan global.

Salah satu klip membuat putaran di media sosial Korea Selatan mengejek wartawan yang bertanya kepada Bong mengapa ia membuat film dalam bahasa Korea.

"Dia seharusnya bertanya kepada Scorsese atau Tarantino mengapa mereka merekam film mereka sendiri dalam bahasa Inggris," kata seorang komentator, merujuk pada sutradara lain yang dinominasikan.

Klip lain yang populer di media sosial Korea Selatan adalah gambar gerak lambat para pemain menikmati malam di karpet merah, menghibur bintang-bintang dan berharap yang terbaik dari mereka.

Atas keberhasilan Bong Joon ho, Duta Besar AS untuk Korea Selatan, Harry Harris juga tidak lupa meninggalkan komentar di akun Twitternya.

"Kami sedang melakukan pesta menonton di kedutaan makan jjapaguri,” tulisnya mengacu pada hidangan mie yang dinikmati keluarga kaya dalam film.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi