17.194 Orang Sudah Rapid Test, 800 Diuji Swab di Aceh

17.194 Orang Sudah Rapid Test, 800 Diuji Swab di Aceh
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan penerapan protokol kesehatan terus dilakukan oleh Pemerintah Aceh saat ini.

Per tanggal 23 Juni 2020, Pemerintah Aceh telah melakukan pemeriksaan rapid tes kepada 17.194 orang dan melakukan uji swab cairan tenggorokan dan hidung kepada 800 orang di provinsi itu. Hasilnya, hingga hari ini sudah 53 orang yang ditemukan positif terinfeksi Covid-19.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), Rabu (24/6).

“Sesuai instruksi Plt Gubernur Aceh dan arahan Pak Sekda, kita akan terus bekerja untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Aceh, termasuk rapid test dan uji swab,” kata pria yang juga Juru Bicara Pemerintah Aceh ini.

Diterangkannya, kasus konfirmasi positif infeksi virus Corona penyebab penyakit Covid-19 hari ini bertambah tiga orang lagi, sehingga akumulasi kasus Covid-19 di Aceh menjadi 53 orang.

Tiga kasus terbaru masing-masing berinisial NB, His dan WH, ketiganya sedang dirawat di Ruang Respiratory Intesive Care Unit (RICU) RSUDZA Banda Aceh.

Saifullah Abdulgani menyampaikan hal itu usai berkoordinasi dengan Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Aceh, dr Hanief dan Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUDZA, dr. Novina Rahmawati, M.Si Med Sp.THT.KL FICS.

SAG menjelaskan, NB merupakan perempuan 65 tahun warga Labuhan Haji, Aceh Selatan, yang menjalani operasi usus buntu di RSUD Meuraxa, Banda Aceh, pada 17 Juni 2020.

“Tiga hari setelah operasi, kondisi NB tampak semakin membaik, namun pada foto thorax (bagian dada) terlihat ada gejala infeksi virus Corona,” tuturnya.

Tim Medis pun memutuskan untuk swab nasofaring dan orofaring dan diperiksa dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Laboratorium Balai Litbangkes Aceh. Hasil PCR menunjukka NB positif Covid-19 dan dirujuk ke RSUDZA untuk perawatan lebih lanjut.

Sementara His seorang laki-laki umur 56 tahun pemilik KTP Kota Pekan Baru itu diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab nasofaring dan orofaring dengan PCR di Laboratorium Balai Litbangkes Aceh pada 23 Juni 2020. Ia kini dirawat oleh Tim Medis Covid-19 RSUDZA Banda Aceh.

Sedangkan WH, masih remaja 18 tahun. Ia berobat ke RSUD Meuraxa Banda Aceh karena demam dan penyakit penyerta lainnya. Hasil foto rontgen memperlihatkan tanda-tanda infeksi virus Corona, dan hasil pemeriksaan swab dengan RT-PCR pun terkonfirmasi Covid-19.

“RSUD Meuraxa juga merujuk pemilik KTP Kota Medan itu ke RSUDZA Banda Aceh untuk perawatan lebih lanjut,” ungkap SAG.

Selanjutnya, SAG merilis akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota per 24 Juni 2020, kondisi pukul 15.00 WIB. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.248 orang. Ada penambahan ODP baru 7 orang dibandingkan data kumulatif kemarin, sebanyak 2.241 orang.

“ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini 36 orang. Sedangkan 2.212 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi mandiri,” jelas SAG.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 119 kasus. PDP yang masih dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, 3 orang. PDP di Aceh yang sudah sembuh 115 orang. PDP yang meninggal dunia 1 orang.

Sedangkan jumlah Positif Covid-19 hingga saat ini 53 orang. Pasien positif Covid yang masih dirawat sebanyak 31 orang, sudah sembuh 20 orang, dan 2 orang meninggal dunia.

“Kita imbau masyarakat memberlakukan protokol kesehatan terhadap tamu-tamunya yang datang dari luar zona hijau, dan lebih bijaksana bila menerima ‘kunjungan’ tamunya melalui teknologi informasi meski tidak bertemu fisik namun tanpa mengurangi esensi silaturrahmi dalam kehidupan kita,” pungkasnya.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi