Mayjen TNI Niko Fahrizal Jabat Pangdam Iskandar Muda

Mayjen TNI Niko Fahrizal Jabat Pangdam Iskandar Muda
Mayjen TNI Niko Fahrizal Jabat Pangdam Iskandar Muda (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam Iskandar Muda (IM) dari Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya kepada Mayjen TNI Niko Fahrizal di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).

Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, menempati jabatan baru sebagai Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI menggantikan Mayjen TNI Syafei Kasno yang selanjutnya menjabat sebagai Danpusterad.

Sementara Mayjen TNI Niko Fahrizal merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991. Niko sendiri berasal dari kecabangan Infanteri.

Sebelumnya, Mayjen Niko juga sempat menjabat sebagai Inspektorat Kodam (Irdam) Iskandar Muda. Kemudian dirinya dimutasi menjadi Kasdam V/Brawijaya pada tahun 2023.

Selanjutnya dipercaya oleh Panglima TNI menjabat sebagai Dansecapaad (Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat) dan memperoleh pangkat Mayjen TNI.

Kini ia pulang kembali tanah kelahirannya di Provinsi Aceh untuk memimpin Komando TNI di jajaran Kodam Iskandar Muda.

Kembalinya Jenderal Bintang Dua kelahiran Banda Aceh, 10 September 1968 ini, sesuai kebijakan mutasi dan promosi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Hadir dalam acara sertijab tersebut, Wakasad, Pangkostrad, Danpuspomad, Danpusterad, para Asisten Kasad, Gubernur Akmil, Kadispenad, dan Ketua Umum Persit KCK beserta Pengurus.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi