Pintu Masuk Pantai Sialang Buah Tidak Terawat

Pintu Masuk Pantai Sialang Buah Tidak Terawat
Pada bagian atap pintu masuk Pantai Sialang Buah tampak sudah rusak. (Analisadaily/Efendi Lubis)

Analisadaily.com, Telukmengkudu - Pantai Sialang Buah salah satu Pantai Timur di Kabupaten Serdang Bedagai, sejak dahulu selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar daerah.

Meski ramai dikunjungi, namun sayang pintu masuk dan jembatan penyeberangan ke lokasi pantai kumuh tidak terawat dengan baik.

“Pintu masuk dan jembatan penyeberangan ke lokasi pantai kumuh tidak terawat dengan baik,” kata salah satu pengunjung, ibu Ana di pondok berteduhnya di Pantai Sialang Buah.

“Jembatan penyeberangan cenderung membahayakan pengunjung yang melintas di lokasi ini,” ujarnya.

Menurut dia, Pantai Sialang Buah yang terletak di Dusun II Desa Sialang Buah ini objek wisata alam yang cukup bagus untuk tujuan wisata dan memang sudah tersohor.

“Di samping itu kalau ingin menikmati makan ikan, udang, kepiting, tinggal pesan di arena lokasi pantai, harga nya pun murah dan terjangkau bagi golongan kelas menengah ke bawah,” sambung ibu Ana.

Keberadaannya juga merupakan sumber pendapatan bagi daerah. Masih kata dia, masuk ke lokasi pantai dikutip tarip masuk sebesar Rp30.000 untuk kenderaan roda empat dengan jumlah penumpang 4 orang, lain lagi untuk tarip sepeda motor dan bus rombongan.

“Penduduknya yang ramah dan sopan, ditambah suasana cukup menyenangkan menjadikan kita tidak cukup hanya sekali ke sini. Tetapi kita akan merindukannya untuk datang lagi berwisata melepas lelah setelah disibukkan aktifitas sehari-hari,” tambah ibu Ana.

Kondisi jembatan penyeberangan menuju lokasi Pantai Sialang Buah cukup memperihatinkan, karena jembatan bergoyang saat dilalui dengan berjalan kaki, kayunya juga sudah lapuk dan disisip, agar jembatan tidak berlobang, jembatan ini terkesan tinggal menunggu roboh.

Selain itu pintu gerbang masuk lokasi wisata pantai Sialang Buah kondisinya terlihat kumuh, pada bagian atap rusak. Sementara dinding bangunan retak, pintu dan jendelanya sudah tidak terpasang lagi, seolah bangunan pintu gerbang yang ditinggalkan.

Sementara itu salah seorang pengunjung asal Medan, Ucok Harahap, prihatin melihat kondisi wisata pantai Sialang Buah mulai dari pintu gerbang masuk dan jembatan penyeberangan menuju lokasi pantai.

"Pantainya bagus dengan pasir putih, era normal baru terlihat mulai ramai dikunjungi wisatawan tapi sayang jembatannya mau ambruk dan perlu diperbaiki," kata Ucok, yang juga berharap, agar Pemkab Serdang Bedagai membenahi jembatan penyeberangan demi kenyamanan pengunjung.

(FEL/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi