Kotaku Siantar Programkan Pemeliharaan dan Perawatan Drainase

Kotaku Siantar Programkan Pemeliharaan dan Perawatan Drainase
Kotaku Siantar lakukan pemeliharaan dan perawatan drainase. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadily.com, Medan - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pematangsiantar melakukan perawatan dan pemeliharaan drainase. Melalui Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Melati di Kelurahan Tomuan semangat membersihkan drainase lingkungan yang dibangun melalui Program Kotaku 2018.

Askot Mandiri Kota Pematangsiantar Herbin Sihotang menjelaskan, KPP Melati Kelurahan Tomuan dietuai M.Sianipar, sekretaris P. Hutapea dan bendahara R. Br. Silitonga.

“Walau tidak memiliki anggaran operasional yang tetap, KPP bersama warga lainnya sebagai penerima manfaat yang ada di Gang Tauge Lingkungan 1 sangat antusias membersihkan drainase lingkungan,” ujarnya, Kamis (19/11).

Ia mengatakan, kegiatan dilakukan sebagai wujud kepedulian masyarakat dan pengurus KPP dalam memelihara fasilitas yang dibangun oleh pemerintah melalui program Kotaku.

“Pemeliharan dan perawatan dilaksanakan bersama pihak Kelurahan Tomuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir,” kata M Sianipar.

Beberapa bulan terakhir ini curah hujan cukup tinggi, imbuhnya. Selain itu juga, upaya KPP untuk terus merawat dan memelihara drainase yang berada di lingkungan warganya. KPP ini juga memberi rasa tanggung jawab warga untuk lebih peduli terhadap situasi lingkungan di sekitarnya.

“Warga begitu antusias melaksanakan kegiatan pemeliharaan fasilitas ini, termasuk kaum ibu yang begitu antusias ikut bergotong royong melaksanakan pemeliharaan ini, pada saat gotong royong terlihat peduli mendukung kegiatan kegiatan pembersihan lingkungannya. Terlihat spontannitas warga memberikan swadaya berupa konsumsi bagi para warga yang ikut bekerja,” ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi