Program KOTAKU Sukses, Plt Walikota Tanjungbalai: Terima Kasih Kementerian PUPR, Kawasan Sirantau Kini Rapi dan Bersih

Program KOTAKU Sukses, Plt Walikota Tanjungbalai: Terima Kasih Kementerian PUPR, Kawasan Sirantau Kini Rapi dan Bersih
Lewat Program KOTAKU, Kawasan Sirantau Kini Rapi dan Bersih. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sirantau - Plt Walikota Tanjungbalai Waris Thalib bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPW), Syafriel Tansier melaksanakan penandatanganan serah terima Pengelolaan dan Pemanfaatan Infrastruktur Skala Kawasan Sirantau.

Waris Thalib mengucapkan Terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam hal ini dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPW) atas pembangunan infrastruktur Skala Kawasan Sirantau melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

"Pemerintah Tanjungbalai merasakan manfaat yang besar atas dibangunnya infrastruktur di kawasan ini, terlebih masyarakat di kelurahan sirantau, telah terjadi perubahan wajah Kawasan yang dulunya kumuh dengan infrastruktur yang buruk, kini telah berubah dan tertata rapi dengan infrastruktur yang berkualitas," ujarnya.

Ia berharap sinergisitas pembangunan seperti ini akan terus berlanjut di tahun-tahun kedepannya dan dapat menjangkau kelurahan lainya di Tanjungbalai.

"Dan Pemerintah Kota Tanjungbalai bersedia memenuhi segala kriteria yang dipersyaratkan untuk memperoleh kegiatan lainnya dari Kementerian PUPR, baik program di Balai PPW Sumatera Utara dan program lainya di Kementerian PUPR," tegasnya.

Syafriel Tansier selaku Kepala BPPW Sumatera Utara mengutarakan semoga pembangunan ini memberikan dampak yang positif kepada Pemko Tanjungbalai dan masyarakat Tanjungbalai.

Selain menata Kawasan Kumuh Sirantau, BPPW juga melakukan pembangunan Gerai Produk UMKM Melalui Program Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) Livelihood.

Ia berpesan agar hasil pembangunan ini dapat di manfaatkan dalam jangka waktu lama. Untuk memcapai hal tersebut diharapkan Pemerintah Kota dan Masyarakat Kota Tanjungbalai dapat memelihara dan menfaatkan infrastruktur yang dibangun, tidak semua kota di Sumatera Utara bahkan di Indonesia mendapatkan program pembangunan seperti ini, Kota tanjungbalai salah satu kota yang beruntung mendapatkanya.

"Sudah selayaknya amanah pemerintah pusat ini terus dijaga," pesannya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah II BPPW Sumatera Utara Nurasyiah menyampaikan ada delapan item kegiatan yang dilaksanakan di Kawasan sirantau antara lain, Tanggul Pengendali Banjir, Pedestrian, Drainase Lingkungan, Jalan beton, Ruang Terbuka Publik, Perpiaan, MCK Umum dan Tambatan Perahu.

Pelaksanaan Pembangunan dengan Skema Multi Years ini di mulai pada 2020 dan selesai pada 2021 sementara di Kelurahan Pantai Burung melaksanakan pembagunan Gerai Produk UMKM dilaksanakan pada 2021.

Turut hadir dalam acara penandatangan serah terima ini, Koordinator Kota Tanpa Kumuh Tanjungbalai, Asahan dan Labuhanbatu Eko Mauiljar, Sekda Kota Tanjungbalai Nurmalini, Kadis Perkim Tanjungbalai Edy Surya, Kadis PUPR Tety Julianti, Bappeda Kota Tanjungbalai Doni Ardin, Plt Dirut PDAM Yuhdi Gobel dan OPD Kota Tanjungbalai lainya. Acara berlanjut dengan melakukan kunjungan lokasi di kedua infrastruktur yang dibangun.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi