Melawan Diskriminasi, Rooney: Berlutut Saja Tidak Cukup

Melawan Diskriminasi, Rooney: Berlutut Saja Tidak Cukup
Manajer Derby, Wayne Rooney, dalam foto, berbicara tentang pelecehan rasis yang ditujukan pada striker Colin Kazim-Richards. (Adam Davy/PA)

Analisadaily.com, Inggris - Derby County menjadi klub terbaru yang menyatakan tidak akan melakukan aksi berlutut sebelum pertandingan dimulai untuk melawan perilaku diskriminasi dalam sepakbola.

Klub-klub di seluruh negeri memilih untuk berlutut sebelum pertandingan setelah Project Restart dalam upaya berkelanjutan untuk menyingkirkan sepakbola dari rasisme.

Brentford mengumumkan bulan lalu, mereka akan menghentikan gerakan itu karena mereka merasa itu telah kehilangan dampaknya. Sekarang rival Sky Bet Championship, Derby, mengikutinya, pendekatan baru mereka tidak mengubah pendirian mereka dalam memerangi diskriminasi.

"Para pemain dan staf Derby County telah mengkonfirmasi, dengan suara bulat, mereka tidak akan berlutut lagi sebelum pertandingan. Keputusan ini diambil setelah diskusi sebagai kelompok, termasuk pemain tim utama dan anggota staf senior, dalam beberapa hari terakhirm," bunyi pernyataan klub.

"Telah diputuskan, sebagai kelompok kolektif, untuk tidak berlutut lagi. Keputusan ini dibuat karena gerakan simbolis untuk berlutut saja tidak cukup; masih banyak yang harus dilakukan dan kami berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam ini," pernyataan klub dilansir dari Sports Mole, Sabtu (6/3).

Striker Derby, Colin Kazim-Richards baru-baru ini menjadi sasaran pelecehan online rasis menyusul hasil imbang 1-1 dengan rival lokalnya, Nottingham Forest.

Pelatih Derby, Wayne Rooney, menyebut mereka yang mem-posting komentar "pengecut" dan Kazim-Richards telah memilih untuk tidak mengambil lutut, klub telah memperkuat posisi mereka dalam membasmi diskriminasi.

"Derby County bangga melanjutkan pekerjaannya dengan banyak organisasi dan individu yang fantastis, baik secara nasional maupun di komunitas lokal, untuk memperjuangkan kesetaraan dan keragaman tidak hanya dalam sepak bola tetapi juga masyarakat," lanjut pernyataan itu.

"Kami akan mendukung perjuangan melawan segala bentuk diskriminasi dengan menyampaikan pesan terpadu untuk berdiri bersama sebagai satu kesatuan. Tidak lagi mengambil lutut tidak mengubah pendirian klub atas segala bentuk diskriminasi. Itu tidak akan ditoleransi di Derby County; ini jelas sekali," kata Rooney dalam pernyataan itu.

Dia menambahkan, klub akan, dengan sepenuh hati, mendukung pemain dan staf di klub lain yang masih ingin berlutut sebelum pertandingan yang melibatkan Derby County.

"Kami semua bersama-sama," tambah mantan striker Manchester United itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi