Polda Sumut Tinjau Kesiapan Pemungutan Suara Ulang

Polda Sumut Tinjau Kesiapan Pemungutan Suara Ulang
Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak bersama Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, Fritz Edward Siregar di Lobby Adhi Pradana Mapolda Sumut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak menerima kunjungan audiensi dengan Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, Fritz Edward Siregar di Lobby Adhi Pradana Mapolda Sumut.

Pertemuan ini membahas pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan pada Provinsi Sumut di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Mandailing Natal.

Irjen Panca menyampaikan, bersama Pangdam I/BB telah dilakukan berbagai langkah mulai dari penggalangan, peninjauan, dan pergeseran pasukan pengamanan agar pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan aman dan sehat.

"Kami turut melakukan pengecekan ke beberapa TPS dan meninjau kesiapan pengamanan di TPS-TPS yang berada di 3 kabupaten tersebut," kata Irjen Panca.

Di Mandailing Natal, 465 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk proses pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 24 April di tiga TPS.

Ratusan personel itu terdiri 215 personil Polres Madina, 100 personil BKO Brimob Yon C, 100 personil BKO Dit Samapta Polda Sumut dan 10 personil Polwan Dit Samapta Polda Sumut, 10 personil Subdenpom Panyabungan serta 30 personil dari jajaran Kodim 0212/TS.

"Dalam pengamanannya nanti setiap TPS akan ditempatkan 10 personel gabungan TNI-Polri yang diawasi dan dikendalikan langsung oleh Padal dan Pamatwilnya masing-masing," kata Kapolres Mandailing Natal, AKBP Horas Tua Silalahi dilansir dari Antara, Sabtu (24/4).

Ia berharap situasi Kamtibmas jelang dan sesudah proses PSU nanti di kabupaten tersebut tetap kondusif.

Kata dia, kepada masyarakat dan semua pihak untuk bersama sama mendukung terselenggaranya PSU di kedua desa yang ada di wilayah tersebut dengan aman dan tertib.

"Saya mengimbau dan mengajak semua pihak, mari bersama sama kita dukung penyelenggaraan PSU ini, agar berjalan dengan aman dan tertib, serta menerapkan protokol kesehatan. Silahkan gunakan hak pilih anda, perbedaan itu biasa, namun kita tak boleh terpecah belah," tambah Horas.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi