Dosen UMSU Kerja Sama Salimah Sumut Pelatihan Evaluasi Program Kerja Organisasi

Dosen UMSU Kerja Sama Salimah Sumut Pelatihan Evaluasi Program Kerja Organisasi
Pelatihan Evaluasi Program Kerja Organisasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul “Pelatihan Penerapan Evaluasi Program Kerja Organisasi Salimah Sumatera Utara”, pada Minggu (10/10).

Pelatihan ini melibatkan perwakilan semua departemen yang ada di organisasi Salimah Sumut (Departemen Pengembangan Daerah dan SDM, Departemen Ekonomi, Departemen Pendidikan dan Pelatihan, Departemen Dakwah, Departemen Humas, Bendahara), pemateri terdiri dari 2 orang dan 2 orang mahasiswa UMSU yang membantu sejak dari persiapan PKM dimulai.

Program Kemitraan ini diketuai Dedi Amrizal, dengan anggota Yusriati, serta dibantu 3 orang mahasiswa, Danisha Salsabila Hasibuan dari Prodi Agribisnis Pertanian UMSU, Azira Wahya Armanda dan Sri Warzukni dari Prodi IAP FISIP UMSU.

Pelaksana pelatihan ini mengatakan, organisasi Salimah telah diakui program kerjanya dan kesungguhan kerja kadernya di tingkat Sumut. Selama ini, program kerja yang telah selesai dilaksanakan hanya dimonitoring pelaksanaannya pada akhir tahun atau pada akhir kepengurusan selama 5 tahun sekali.

“Sebagai organisasi kemasyarakatan yang tergolong besar (memiliki struktur daerah, struktur cabang dan struktur ranting), sudah selayaknya setiap program kerja itu menerapkan evaluasi program kerja yang lebih terukur dan efektif melalui monitoring, evaluasi dan audit,” ucapnya, Senin (11/10).

Melalui teknik dan spesifikasi penerapan pada setiap program kerja, diharapkan setelah pelatihan selesai, pemimpin Salimah akan mudah dalam mengambil keputusan terkait pelaksaan dan hasil akhir sebuah program kerja.

Pelaksanaan pelatihan ini diakui oleh para peserta dari perwakilan setiap departemen yang ada di Salimah Sumut dapat memberikan wawasan dan menambah penetahuan mereka terkait pengelolaan program kerja yang ternyata membutuhkan pendekatan evaluasi yang berbeda agar visi, misi dan tujuan organisasi tercapai dengan baik.

“Selain itu disadari juga setiap program kerja itu out come atau nilai guna yang banyak bagi struktur organisasi yang lebih rendah atau masyarakat tempat dilaksanakannya program tersebut,” aebutnya.

Peserta yang terdiri dari perwakilan setiap departemen organisasi Salimah Sumut yang ada menyampaikan terima kasih dan bersedia untuk berlatih mengevaluasi setiap program kerja mereka yang sedang berjalan maupun yang telah selesai dikerjakan dalam masa periode kepengurusan ini.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi