Dosen Unimed Beri Pelatihan Kepada Guru Mts Alwashliyah

Dosen Unimed Beri Pelatihan Kepada Guru Mts Alwashliyah
Dosen Unimed memberikan pelatihan Manajemen Usaha dan Pemasaran Produk kepada guru Mts Alwashliyah 19 Percut. (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan program pengabdian masyarakat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alwashliyah 19, Desa Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Senin (18/10). Kegiatan pengabdian tersebut diwujudkan dalam pelatihan manajemen usaha pengolahan produk olahan ikan dan strategi pemasaran produk.

Kegiatan ini diinisiasikan oleh dosen Unimed yang beranggotakan dosen Program Studi (Prodi) Biologi, dosen Prodi Ilmu Gizi, dan dosen Prodi Antropologi. Sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah para guru yang bekerja di MTs Alwashliyah 19 di Desa Percut tersebut.

Program pengabdian masyarakat memiliki gagasan dalam memberikan ilmu pengetahuan seputar manajemen usaha dan pemasaran produk pangan yang menggunakan bahan pangan lokal berupa ikan.

Tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) (ist)
Kegiatan ini dibuka Yatty Destani Sandy, S.ST, M.Gizi, selaku MC lalu dilanjutkan dengan pemberian pre tes untuk memberikan gambaran pengetahuan para guru mengenai manajemen usaha dan pemasaran produk.

Kemudian tim pengabdian masyarakat Unimed memberikan materi pelatihan yang bertemakan “manajemen usaha pengolahan produk olahan ikan” dilaksanakan dengan metode ceramah oleh dosen Prodi Gizi, Tyas Permatasari, S.Gz, M.Si. Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh Nila Reswari Haryana, S.Gz, M.Si dengan tema “strategi pemasaran: dasar bagi pemula”.

Para guru terlihat sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat Unimed. Kepala sekolah MTs Alwashliyah, Muhammad Irsad, SH. mengungkapkan antusiasnya terhadap pelatihan yang telah diberikan.

"Saya selaku kepala sekolah MTs Alwashliyah berterima kasih atas kedatangan ibu-ibu dari Unimed yang akan memberikan pelatihan seputar manajemen usaha. Kami berharap dapat menjadi pelajaran bagi kami agar madrasah ini bisa bangkit dengan meningkatkan usaha dalam ekonomi dan menjalin kerjasama dalam pemasaran untuk kebaikan madrasah al washliyah 19 ini" tutur Muhammad Irsad.

“kami berterima kasih pada tim dosen Unimed atas pelatihan ini. Kami berharap wejangan yang ibu-ibu berikan dapat kami terapkan dan mudah-mudahan produk kami dapat diterima oleh masyarakat.” Ujar salah seorang guru yang mengikuti pelatihan.

(JG)

Baca Juga

Rekomendasi