Peringati HUT ke 4

Yayasan Indian Sosial Komunitas Berikan Paket Sembako

Yayasan Indian Sosial Komunitas Berikan Paket Sembako
Peringatan HUT Yayasan Indian Sosial Komunitas (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 4, Yayasan Indian Sosial Komunitas (ISK) Sumatera Utara membagikan 300 paket sembako dan pengobatan gratis kepada warga keturunan India di Aula Nagarathar Hall, Jalan Kejaksaan No. 12 Medan, Minggu (9/1).

Pada kegiatan yang dihadiri 400 warga keturunan India dari berbagai agama dan keyakinan itu juga diberikan bantuan peralatan sekolah kepada puluhan siswa/siswi, penyerahan 100 kartu BPJS Kesehatan mandiri kepada warga kurang mampu dan lucky draw dengan hadiah menarik.

Ketua ISK Sumut, Jay Chandra, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan serta bantuan yang diberikan seluruh donatur dan committee organisasi sehingga organisasi ini dapat melaksanakan berbagai kegiatan dan perhatian kepada warga keturunan India yang ada di Sumut.

Disebutkan Jay yang biasa dipanggil Shanker, organisasinya telah membantu proses penyelesaian 1.148 kasus yang dihadapi warga keturunan India sepanjang tahun 2021 dengan total biaya yang dikeluarkan senilai Rp 685 juta.

Shanker didampingi Sekretaris Kartik dan Bendahara Mahes Sharma bersama pembina dan para koordinator menyampaikan komitmen dari seluruh pengurus untuk menyalurkan seluruh bantuan dari para member dan donatur sesuai program yang telah ditetapkan bersama.

Seluruh pengurus ISK juga memastikan bahwa yayasan ini adalah wadah yang tepat untuk menyalurkan bantuan sosial para donatur.

"Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa seharusnya donatur memberikan kepercayaan penuh kepada yayasan sosial apapun terutama ISK karena setiap amanah yang dititipkan dan disalahgunakan merupakan tanggung jawab penerima amanah (Dalam hal ini yayasan sosial penerima titipan amanah). Dan para donatur tetap mendapatkan nilai-nilai dari perbuatan mulianya. Percayakanlah amanah itu kepada ISK karena kami menjunjung tinggi nilai-nilai keterbukaan dan akuntabilitas," sebutnya.

Dia juga menyampaikan rasa syukur atas perhatian dan kepedulianan dari para donatur dan pihak terkait lainnya sehingga ISK Sumut dapat memiliki mobil ambulans gratis yang bisa digunakan oleh segenap warga keturunan India.

"Menariknya proses pengadaan ambulans itu dapat selesai tidak sampai 16 hari dengan biaya Rp207 juta," ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Dharma Duta PHDI Sumut Subenthiren, Pengurus Yayasan Pendidikan Raksana Medan Jaya Silen, Ketua Yayasan Edu Prime School Niland Meagand, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Sementara Sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Matha Riswan, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan rasa bangganya pada program ISK Sumut dalam memberikan perhatian,edukasi, advokasi serta kepedulian sosial lainnya.

"PHDI juga memberikan apresiasi karena ISK memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan dan kesehatan warga," ungkap Matha Riswan.

Karena itu, sambungnya, agar program kerja dapat lebih maksimal, PHDI mengajak ISK Sumut bisa bekerjasama dan berkolaborasi sehingga ditargetkan ke depan kualitas pendidikan dan kesehatan warga keturunan India di daerah ini dapat semakin baik.

"Kita adalah bagian integral kemajuan bangsa, karena itu peningkatan kualitas tersebut akan ikut mendukung kemajuan bangsa," sebut Matha Riswan.

Pada kesempatan itu ISK Sumut juga memberikan penghargaan kepada Yayasan Pendidikan Raksana, Yayasan Pelita Nusantara, Edu Prime Schol, RS Mitra Sejati dan Klinik Ganesha karena telah berkontribusi aktif bagi kemajuan organisasi dan memberikan perhatian khusus kepada warga keturunan India di daerah ini.

(REL/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi