Buka MTQ ke-18, Darma Wijaya Hadiahi Haji Bagi Juara 1 Tingkat Nasional

Buka MTQ ke-18, Darma Wijaya Hadiahi Haji Bagi Juara 1 Tingkat Nasional
Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bakal menghadiahi haji bagi pemenang juara 1 tingkat nasional dan Umrah bagi juara 1 tingkat provinsi pada kejuaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, saat membuka acara MTQ ke-XVIII dan FSQ ke-XIX tahun 2022 Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai di halaman Masjid Agung Serdang Bedagai, Senin (14/2).

Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan bedug serta pelantikan dewan hakim, dewan pengawas dan dewan juri serta penyerahan piala bergilir dari Kecamatan Sei Rampah kepada Ketua Panitia.

"Kami berjanji yang juara 1 tingkat nasional akan kita berangkatkan haji, sementara yang juara di tingkat provinsi akan kita umrahkan. Namun karena pandemi belum berakhir maka keberangkatannya ditunda, sama seperti yang juara tahun lalu akan kita berangkatkan setelah pandemi ini mereda," ungkapnya.

Hadiah ini diharapkannya menjadi penyemangat bagi kalangan muda dan masyarakat Serdang Bedagai untuk terus berlatih, khususnya dalam pendalaman dan pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan acara ini kami harapkan bisa menumbuhkan rasa cinta akan agama demi menjadikan masyarakat yang religius serta mewujudkan Serdang Bedagai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius," tambah Wiwik, sapaan akrab Bupati.

Mantan Wakil Bupati ini juga menjelaskan bahwa program zakat ASN sebesar 2,5 persen akan terus ditingkatkan demi membantu sesama.

"Kami terus berupaya meningkatkan zakat ASN dan mengembangkannya kepada perusahaan dan stakeholder lainnya. Agar dana yang terkumpul tepat sasaran dan dapat disalurkan Baznas demi kemaslahatan masyarakat Serdang Bedagai,"ucapnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Adlin Tambunan menambahkan, tujuan dari pelaksanaan MTQ dan FSQ ini untuk menjaring, mengasah, menguji dan mengukur kemampuan putra putri Serdang Bedagai dalam mengikuti musabaqoh dan perlombaan di setiap cabangnya.

"Dengan Tema Melalui MTQ ke XVIII dan FSQ ke XIX Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2022 kita ciptakan generasi islami yang berakhlakul karimah untuk mewujudkan masyarakat yang Religius. Kita yakin dengan komitement bersama kita wujudkan Sergai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius," tambah Adlin.

Tak lupa ia mengingatkan kepada seluruh dewan pengawas, dewan hakim dan dewan juri serta seluruh peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Ketua Panitia yang juga Sekdakab Serdang Bedagai, Faisal Hasrimy, menjelaskan maksud dan tujuan dari pelaksanaan MTQ ke XVIII dan FSQ ke XIX ini untuk meningkatkan seni baca, penghayatan dan pengamalan Al-Quran.

"Ini juga diharapkan sebagai ajang mengembangkan seni budaya yang islami serta menjaring putra putri terbaik dalam seni Quran sebagai duta Serdang Bedagai ditingkat Provinsi atau Nasional hingga Internasional," lapornya.

Pada acara ini, jumlah peserta MTQ, FSQ dan Official berjumlah 811 dan peserta dengan rincian MTQ 485 peserta, FSQ 292 peserta dan 34 official yang diikuti oleh seluruh kafilah dari seluruh Kecamatan yang ada di Serdang Bedagai.

"Ada 8 cabang MTQ dan 7 cabang FSQ yang diperlombakan yakni cabang seni Baca Al-Quran, Qiraat, Hafalan, Tafsir, Fahmil, Syahril, kaligrafi dan karya tulis. Sedangkan cabang FSQ antara lain rebana klasik remaja dan dewasa, bintang vokalis anak, remaja dan dewasa, pop religi anak dan remaja," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi