Dinginnya Air Kolam Geureudong, Surga Tersembunyi di Pedalaman Aceh Jaya

Dinginnya Air Kolam Geureudong, Surga Tersembunyi di Pedalaman Aceh Jaya
Kolam Pemandian Geureudong di Aceh Jaya (Fakhrurrazi)

Analisadaily.com, Aceh Jaya - Berkunjung ke Conservation Response Unit atau CRU Sampoiniet, Aceh Jaya tampaknya belum sah jika tidak mengunjungi salah satu tempat wisata pemandian yang menyuguhkan alami nan asri di sana.

Namanya Kolam Pemandian Geureudong Desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoinet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Lokasi ini bisa dijadikan spot liburan akhir pekan bersama sahabat dan keluarga.

Gampong (desa) Ie Jeureungeh merupakan salah satu gampong yang memiliki potensi wisata alamnya yang sangat indah dan masih alami. Lokasi wisata ini yang berada di pedalaman Aceh Jaya.

Akses menuju ke sana dari Banda Aceh, harus menempuh jarak 120 kilometer atau sekitar 4 jam dengan kendaraan roda dua. Setelah melewati jalan mulus lintas pantai Barat Selatan Aceh atau lintas Banda Aceh-Calang (Aceh Jaya).

Sementara untuk menuju pemandian Geureudong ini melewati perkampungan warga dan kawasan hutan perkebunan hingga sampai ke CRU Gajah Sampoiniet. Dari CRU hanya membutuhkan jalan sekitar 1.5 kilometer lagi untuk sampai ke lokasi.

Di lokasi CRU, para pengunjung dapat bermain dengan gajah jinak sepuasnya. Selain itu, lokasi yang luas juga bisa digunakan untuk berkemah di sini di akhir pekan. Ada beberapa gajah sumatera yang dirawat di lokasi ini.

Kolam Pemandian Geureudong Desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoinet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh (Fakhrurrazi)
Camp CRU merupakan persinggahan terakhir sebelum menuju ke lokasi Kolam Pemandian Geureudong. Pengunjung yang datang diwajibkan melapor kepada petugas camp dan memarkirkan kendaraannya di dalam area CRU tersebut.

Waktu tempuh dari pusat pelatihan gajah sumatera itu sekitar 30 menit, dengan kondisi jalan bebatuan dan kontur tanah yang menanjak. Vegetasi alam yang sudah terbuka karena akses itu kerap dilewati warga untuk ke kebun.

Menuju ke sana, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, lantaran aksesnya cukup sulit untuk dilalui kendaraan pribadi. Namun tak perlu khawatir, selama perjalanan pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang alami nan eksotis.

Sepanjang trek perjalanan, pengunjung juga bisa melihat aliran Krueng (sungai) Geureudong disisi kanan jalan. Sementara di sisi kiri, hamparan pengunungan hijau membentang sepanjang jalur.

Tak hanya itu, jalur yang dilalui juga terdapat beberapa spot foto yang menarik dan indah dengan latar sungai dan perkebunan masyarakat sekitar. Suara gemercik air sungai pun menemani perjalanan.

Setelah 30 menit berjalan, tibalah di Kolam Pemandian Geureudong. Kondisi alam yang asri dan alami membuat air sungai sangat jernih yang diapit hamparan hutan yang hijau.

Kolam Pemandian Geureudong memiliki dinding batu menjulang tinggi mirip seperti pahatan di sisi kiri kolam. Airnya dingin dan jernih membuat bebatuan dan ikan jelas terlihat dari atas air.

Jalur yang dilalui juga terdapat beberapa spot foto yang menarik (Fakhrurrazi)
Sangat cocok dijadikan lokasi untuk berendam, kondisinya yang sunyi dan jauh dari polusi membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi yang satu ini. Namun tetap berhati-hati lantaran sungai ini memiliki bebatuan besar dan licin.

Salah satu pengunjung dari Banda Aceh, Mufti Tamren, mengatakan lokasi wisata Pemandian Geureudong ini sangat cocok dijadikan pilihan berakhir pekan bersama kerabat.

Menurut Mufti, lokasinya yang alami membuat penat pengunjung selama perjalanan seketika terbayarkan saat tiba di lokasi pemandian ini.

"Kolamnya lebar, jernih, dan enaklah kalau ingin berendam. Kalau menurut saya enggak terlalu jauh ke lokasi ini, ya bisa dibilang surga tersembunyi ini," kata Mufti Tamren, Minggu (20/2).

Mufti menyampaikan, ia sudah beberapa kali menuju ke lokasi wisata ini. Menurutnya, untuk menuju ke lokasi ini, ia tak mengelurkan uang sepeserpun alias gratis.

"Sangat rekemondasilah untuk yang ingin liburan singkat tapi low budget. Paling makan bawa sendirilah," ujar Mufti.

Pemandian Geureudong ini sangat cocok dijadikan pilihan berakhir pekan bersama kerabat (Fakhrurrazi)
Kolam Pemandian Geureudong, Desa Ie Jeureungeh ini tampaknya belum banyak yang mengetahuinya. Karena letak lokasi ini berada di pedalaman Kabupaten Aceh Jaya.

Menuju ke sana, biasanya pengunjung ditemani oleh petugas camp CRU. Hal ini tentu untuk keselamatan dan keamanan selama berada di lokasi pemandian tersebut.

Bagi yang ingin berwisata akhir pekan, lokasi ini sangat cocok dijadikan pilihan utama. Selain bisa bermain dengan Gajah juga bisa berendam air dingin Kolam Pemandian Geureudong, Sampoinet, Aceh Jaya.

Berita kiriman dari: Fakhrurrazi

Baca Juga

Rekomendasi